Rumah Kreatif BUMN Sleman Diluncurkan

SLEMAN, KRJOGJA.com – Bertempat di Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, Senin (12/6/2017) dilakukan peresmian Rumah Kreatif BUMN (RKB) Sleman bersamaan dengan acara pembukaan Pasar Lebaran 2017. 

Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo, MSi, hadir untuk meresmikan RKB Sleman tersebut, didampingi Chief Executive Officer (CEO) PT Bank Negara Indonesia Persero (Tbk) Kantor Wilayah Yogyakarta Arif Suwasono, serta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman Dra Tri Endah Yitnani, M.Si.

RKB Sleman adalah program sinergi BUMN dalam membentuk ekosistem ekonomi digital melalui pembinaan guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM dan berperan sebagai pusat data dan informasi serta sebagai pusat edukasi, pengembangan, dan digitalisasi UMKM. Pembentukan RKB Sleman ini diprakarsai BNI bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman (Disperindag) untuk mewadahi para pelaku UMKM khususnya di Kabupaten Sleman agar dapat lebih kreatif, lebih berkembang dan bisa Go modern, Go digital, Go online, Go global dengan tetap mempertahankan identitas dan budaya local (local wisdom).

Rumah Kreatif Sleman dapat digunakan bersama oleh mitra binaan Disperindag Sleman, sehingga bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di RKB. Mereka juga bisa mengakses penjualan via online di market placesleman-mall.com dan blanja.com sehingga dapat mendongkrak usahanya dengan membuka pasar lebih luas. UMKM peserta RKB juga berpotensi mendapatkan dukungan pendanaan melalui produk KUR dan support transaksional dari BNI yaitu Taplus Bisnis, serta produk layanan perbankan lainnya seperti EDC untuk transaksi via kartu debit maupun kartu kredit dan letter of credit (LC) ekspor untuk pemasaran produk hingga ke luar negeri.

Sri Purnomo menyambut positif dan sangat mengapresiasi upaya BNI dalam membentuk RKB Sleman ini. "Mayoritas UMKM sudah jago soal produksi, namun masih lemah di marketing dan packaging produk mereka”. Pelaku UMKM dapat diberikan pelatihanbagaimana membangun, mengemas, membuat narasi produk, mempelajari pola belanja online dan bagaimana menjaga stok. Selain itu fasilitas yang ada di RKB ini dapat mendorong kreatifitas dan inovasi para pelaku industri kreatif di Sleman," ungkap Sri Purnomo. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI