Sektor Kuliner Sumbang Devisa Negara Rp 6,3 Triliun

JAKARTA, KRJOGJA.com – Deputi Pengembangan  Pemasaran I Kementerian Pariwisata, Ni Wayan Giri mengatakan, bisnis kuliner di tanah air saat ini sangat cerah. Apalagi  pengeluaran setiap wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia khusus untuk kuliner mencapai 30 persen.  

"Dari Rp 20 triliun perolehan devisa dari wisman pada tahun 2018, maka sekitar Rp 6,3 triliun diperoleh ke sektor kuliner," kata Deputi Pengembangan  Pemasaran I Kementerian Pariwisata, Ni Wayan Giri, pada pembukaan pameran makanan dan minuman internasional SIAL Interfood 2018 di Jakarta, Rabu (21/11).

Bahkan Kemenpar membuat strategi di sektor kuliner ini agar bisa menarik wisatawan, yakni menetapkan 5 Nasional Food, yakni rendang, nasi goreng, sate, soto dan gado -gado. Selain itu Kemenpar juga menetapkan destinasi food yakni Bali, Yoglosemar ( Yogya, Solo dan Semarang). Selain itu, melakukan co-branding dengan 100 restoran Indonesia yang ada di seluruh penjuru dunia.

Pameran SIAL Interfood bertaraf yang akan digelar di JIEXPO Kemayoran, Jakarta pada 21-24 November 2018 akan  diikuti 1.000  peserta dari 33 negara. Sedangkan target pengunjung mencapai 75 ribu dari 70 negara. "Pameran SIAL Interfood bertaraf internasional yang dilakukan 2 tahun sekali dan Indonesia mmenjadi tuan rumahnya. Pameran ini menjadi penunjang kegiatan Pariwisata, karena terkait dengan  kuliner.  Setiap wisatawan ke suatu daerah pasti mencoba kuliner di daerah yang mereka tuju,” katanya.

Dijelaskan,  dari 1.000 peserta dari dalam dan luar negeri ini  mewakili berbagai kategori produk ikut dalam pameran seperti produk susu dan telur, daging dan unggas, ikan dan produk hasil laut  buah dan sayuran, produk makanan sehari-hari produk bakery, cokelat, kopi dan teh, gelato dan es krim  minuman non alkohol, produk makanan sehat, produk makanan kalengan, produk makanan organik; produk makanan beku, peralatan horeka dan katering, perlengkapan memasak dan peralatan memasak dengan teknologi terbaru.

Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Vita Datau Messakh mengatakan, penyelenggaraan pameran internasional SIAL Interfood 2018 akan membawa dampak positif pada Jakarta yang menjadi salah satu destinasi kuliner favorit di Indonesia.  "Jakarta menjadi salah satu destinasi kuliner yang masuk dalam top-20 yang disenangi wisatawan. Jakarta, Bali, dan Joglosemar (Yogyakarta, Solo, dan Semarang) telah ditetapkan oleh Kemenpar sebagai destinasi kuliner andalan kita,” kata Vita Datau Messakh. (Lmg)

BERITA REKOMENDASI