Selama 2019, BRI Salurkan KUR Senilai Rp 87,9 T

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com — Selama tahun 2019 debitur UMKM terutama kredit usaha rakyat (KUR) Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang naik kelas mencapai 290.230 pelaku UMKM.

“BRI berhasil mendorong 290.230 pelaku UMKM yang menikmati KUR BRI naik kelas di sepanjang tahun 2019,” kata Corporate Secretary Bank BRI Hari Purnomo, di Jakarta, Jumat (10/1).

Dikatakan, pelaku UMKM penerima KUR BRI ini disebut naik kelas dengan 2 indikator, yakni meningkatnya jumlah pinjaman yang diterima serta berhasil beralih dari KUR ke pinjaman komersial. 

Selama periode Januari hingga Desember 2019, BRI telah berhasil menyalurkan KUR senilai Rp 87,9 triliun kepada lebih dari 4 juta pelaku UMKM, dimana lebih dari 50 persen diantaranya disalurkan ke sektor produksi.

Dijelaskan, keberhasilan BRI mendorong lebih dari 290 ribu penerima KUR naik kelas tersebut tak lepas dari komitmen perseroan dalam pemberdayaan UMKM.

Tidak hanya memberikan fasilitas pinjaman berupa KUR, BRI juga menyelenggarakan berbagai macam program pemberdayaan UMKM seperti BRIncubator, Rumah Kreatif BUMN (RKB) serta clustering UMKM
Pada tahun 2020 ini, BRI optimistis mampu menyalurkan KUR senilai Rp 120,2 Triliun sesuai breakdown dari pemerintah, dimana 60 persen diantaranya disalurkan ke sektor produksi.
  
“Strateginya yakni dengan memperluas jaringan pemasaran melalui 415 agen BRILink hingga melakukan sinergi dengan berbagai program kementerian dan lembaga,” ujar Hari. (Lmg)

BRI

BERITA REKOMENDASI