Selama Pandemi Covid, Arus Barang Pelabuhan Turun 4,8%

Arif nengatakan, penurunan trafic penumpang cukup besar karena kegiatan di pelabuhan sebagian besar itu adalah barang selama pandemi Covid-19 ini. “Sejak April kegiatan angkutan penumpang sudah ditutup,” ujarnya.

Pelindo II memprediksi, penurunan arus barang akan kembali terjadi pada Mei 2020, seiring dengan perayaan Idul Fitri di mana kegiatan industri untuk sementara waktu berhenti. “Biasanya satu minggu sampai Lebaran itu terjadi penurunan kegiatan di pelabuhan karena pabrik-pabrik mengalami penutupan, sehingga tidak ada aktivitas. Tapi biasanya seminggu setelah Lebaran akan kembali bergeliat untuk arus peti kemas,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Arif mengatakan, dengan adanya pandemi Covid-19 perseroan harus memangkas anggaran investasi sekitar Rp 1 triliun. Sejumlah alokasi yang sedianya bakal dibelanjakan tahun ini, terpaksa ditunda akibat pandemi Covid-19.

Namun Arif memastikan investasi untuk proyek-proyek strategis tetap berlanjut. Beberapa pekerjaan seperti Pelabuhan Kijing, Kalimantan Barat, dan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) tak mengalami penundaan. (Imd)

BERITA REKOMENDASI