Seminar BMB Keberhasilan Bagi Inovasi Industri Kesehatan

SINGAPURA, KRJOGJA.com – dClinic dan Deloitte Asia Tenggara bekerjasama dengan BP Batam, sukses menggelar seminar Batam Medical Blockchain (BMB). Seminar ini mendapat perhatian para pengusaha Singapura dan pemerintah, baik Indonesia maupun Singapura. 

Menurut Anggota Bidang Pengusahaan Badan Pengusahaan (BP) Batam, Syahril Japarin, seminar Batam Medical Blockchain (BMB) secara luas dipandang sebagai keberhasilan besar bagi inovasi industri kesehatan. 

"Batam medical blockchain menawarkan ide, inovasi ataupun jalan keluar bagi pemerintah dan dunia usaha dalam inovasi bidang kesehatan dengan Healthcare Blockchain,” kata Syahril dalam keterangan resminya, Kamis (28/11/2019).

Untuk di Batam sendiri, teknologi Blockchain akan diaplikasikan di RS BP Batam di Sekupang. "Dan untuk skala Indonesia, baru Batam satu-satunya daerah yang akan menerapkan teknologi Blockchain di rumah sakit," ungkap Syahril.

BP Batam dan dClinic telah menjalin kerjasama pengembangan Medical Blockchain. Penandatanganan kerjasama sudah dilakukan Juli 2019 lalu dan dilanjutkan dengan beberapa kegiatan lainnya. Dari kerjasama ini, targetnya Batam bisa merebut pangsa pasar dari luar negeri untuk pusat perawatan kesehatan. 

Dalam seminar BMB yang diselenggarakan di Kantor Deloitte di Singapura, CEO dClinic Dr Richard Satur menguraikan model dan peluang kerjasama dClinic dan BP Batam perihal proyek tersebut. Di hadapan para tamu VIP Government Blockchain Association (GBA) Singapura, Richard juga mengajak para pelaku kesehatan, konsumen, dan tim perawatan profesional agar dapat memanfaatkan BMB.

"BMB ini sangat berpotensi membantu pemerintah Batam dan Indonesia melakukan penghematan besar pada anggaran perawatan kesehatan mereka yang terus bertambah," ujar Richard.

Selain itu, BMB akan membantu masyarakat dan konsumen mendapatkan hasil perawatan kesehatan yang positif melalui keterlibatan berdasarkan data layanan kesehatan yang dapat dipercaya, dapat diandalkan, dan tersedia melalui BMB. (Imd)

BERITA REKOMENDASI