SEO Bisa Buat Produk UMKM Lebih Laku

YOGYA, KRjogja.com – Saat ini UMKM tengah mengalami ancaman dari marketplace yang menerapkan distribusi produk langsung dari luar negeri. Akibatnya banyak pelanggan yang berpindah ke marketplace karena mereka dapat membeli barang impor dengan harga miring.

Untuk menyikapi hal itu para mastah digital marketing menghujani para peserta seminar Jogja Digital Marketer Summit & Expo (JDMSE 2017) yang sebagian besar UMKM dengan tips optimalisasi digital. "Sekarang kan zamannya internet, optimalkan saja," tegas owner Ipayment Riyeke Ustadianto, Kamis (21/09/2017).

Pakar Search Engine Optimation (SEO) Ibrahim Vatih mengatakan harga jual UMKM bisa bersaing dengan marketplace. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengoptimalisasi SEO. Bahkan SEO dapat membuat produk UMKM mendapat kemungkinan lebih besar untuk terjual dengan cepat.

"SEO bisa menjual apa saja bahkan barang yang kurang laku di sosial media atau di marketplace. Seperti otomotif, properti, itu kecil di sana tapi dengan optimalisasi SEO bisa sangat besar peluangnya," jelas Ibrahim Vatih. Namun Vatih menerangkan untuk menggunakan SEO sebagai tools penjualan produk harus berlatih dengan sabar. Semua yang berkaitan dengan SEO tak bisa instan.

"Kuncinya sabar. Sabar sedikit akan hemat biaya ketimbang pakai platform lain. SEO juga lebih awet, kuat dan tahan lama. Setelah itu owner bisa fokus ke produksi," tegas Vatih. Ia menambahkan, salah satu kunci yang harus diketahui ketika akan menggunakan SEO adalah konten. Saat ini google lebih menyukai konten panjang sekitar 1.000 – 2.000 kata agar mudah terindex. 

Lebih jauh Vatih menerangkan pada peserta seminar JDMSE 2017 tentang pengukuran kelayakan suatu keyword untuk dioptimalisasi. Caranya dengan mengalikan buying keywords dengan 10 persen. Hasilnya dikalikan dengan transaksi pembelian yang masuk. "Jika sudah dirasa pas angkanya, fokus pada keyword itu," kata Vatih.

Salah seorang peserta Muhammad Ikhwan Anas membenarkan akan pentingnya konten. Bersama rekan-rekannya ia mendirikan Studiokonten.com yang memberikan jasa penulisan konten marketing. "Salah satu fokus kami adalah mendampingi UKM untuk membuat konten website yang bagus, sehingga bisa masuk ke mesin pencari google," katanya di sela acara JDMSE.
 (MG – 07)

 

BERITA REKOMENDASI