Sepanjang 2021, BRI Merupakan Salah Satu Penyalur KUR Terbesar

Editor: Ary B Prass

 

JAKARTA, KRJOGJA.com– Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan program pemerintah bekerjasama dengan instansi perbankan di Indonesia guna meningkatkan pembiayaan dan pemberdayaan UMKM.

Selama pandemi Covid-19 banyak usaha kecil menengah yang terimbas dampaknya, mulai dari penurunan usaha hingga penutupan usaha, hal ini kemudian menjadi perhatian khusus bagi BRI. UMKM diberikan kemudahan untuk mengajukan kredit lunak dengan tingkat bunga turun hingga 3 persen.

Selain itu melalui integrasi/channeling dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) atau koperasi akan mempercepat realisasi penyaluran KUR hingga ke pelosok.

“Jelas melalui bank Himbara penyalurannya lebih efektif karena menyentuh sampai ke daerah-daerah terpencil, khususnya BRI dengan mengandalkan jaringan unit kerjanya yang tersebar dan terbesar di Indonesia, ditambah lagi dengan kekuatan core bisnisnya pada segmen UMKM. Berbagai inovasi juga harus terus menerus diperbaharui sehingga coverage dari KUR nya bisa lebih besar. Apa lagi ada 64 juta pelaku UMKM dan sebagian besar masih unbankable, yang masih belum tersentuh oleh akses perbankan.” Jelas Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira.

BERITA REKOMENDASI