Sepatu dan Baju Lebaran Kerek Inflasi Mei 0,07 Persen

JAKARTA, KRJOGJA.com – Laju inflasi pada bulan Mei 2020 sebesar 0,07 persen namun idealnya tidak terjadi karena adanya covid-19 dan PSBB serta kurangnya pendapatan masyarakat sehingga yang menyebabkan berkurangnya permintaan akan kebutuhan lebaran. Sedangkan Mei 2019 lalu karena ada puasa dan lebaran, maka inflasi mencapai 0,55 persen.

“Situasi ini tidak biasa, banyak kejadian, karena adanya covid-19 padahal biasanya pola ramadhan biasanya kebutuhan meningkat, tapi kali ini tidak terjadi sehingga inflasi cukup rendah,akibatanya inflasi bulanan hanya p,07 persen, inflasi tahunan hanya 2,19 persen, padahal tahun 2019 inflasi tahunannya mencapai i 3,28 persen ” kata Kepala Badan Pusat Statistik ( BPS ) Suhariyanto, di Jakarta, Selasa (2/6).

Menurut Suhariyanto, bila dibandingkan dengan negara laiin, inflasi Indonesia lada bulan April 2020 masih lebih baik karena masih terjadi inflasi. Misalnya Filipina pada bulan April mencapai deflasi 0,1 persen, Singapura -0,1 persen, Vietnam – 1,5 persen , Tiongkok -0,9 persen dan Indonesia inflasinya sebesar 0,08 persen. “Bila dibanding negara lain, walaupun inflasi kita melambat, tetapi beberapa negara mengalami deflasi,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI