Si Bakul Jogja Diproyeksikan Jadi Sistem Terpadu Pengembangan UMKM

YOGYA, KRJOGJA.com – Si Bakul Jogja adalah Sistem Informasi Pembinaan Koperasi dan Pelaku Usaha di DIY yang merupakan salah satu program terpadu dari Pemda DIY melalui Dinas Koperasi dan UKM (KUKM) DIY. Si Bakul Jogja yang baru menapaki usia dua tahun masuk dalam finalis Program Inovasi dari Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) RI pada 2021.

“Ini membuktikan bahwasanya Pemda DIY sangat konsen dalam mengembangkan KUMKM melalui sistem SiBakul,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi kepada KRJOGJA.com di Yogyakarta, Selasa (6/7/2021) malam.

Siwi mengatakan SiBakul terus mengalami perkembangan, dari yang awalnya hanya kelas bisnis mandiri inisiasi sejak 2014 menjadi konsep sistem pembinaan terpadu dan terintegrasi pada 2019 dengan nama Si Bakul itu sendiri. Aplikasi ini mendapatkan tambahan fitur Markethub Gratis Ongkir yang telah melayani ribuan UMKM, puluhan ribu costumer, dan memutar milyaran penjualan pada masa pandemi Covid-19 tahun lalu hingga saat ini.

“Kedepan, SiBakul Jogja kami proyeksikan menjadi sistem terpadu pengembangan UMKM, dari mulai pull data KUMKM, Sistem pembinaan berbasis clustering KUMKM dan juga Marketplace sebagai tempat jualan pelaku KUMKM. Mimpi besar kami tentu tidak akan terwujud tanpa dukungan dan kolaborasi banyak pihak. Untuk sampai detik ini pun kami sangat berterimakasih kepada mitra kolaborasi yang telah mengembangkan SiBakul bersama-sama,” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI