Soekarno Hatta dan Ngurah Rai Raih Best Airport

JAKARTA.KRJOGJA.com – Bandara Soekarno – Hatta Terminal 3 dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, meraih penghargaan Best Airport of The Year dalam ajang Bandara Awards 2019 yang diselenggarakan Majalah Bandara, di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (06/12/2019) malam.

Tahun ini merupakan pertama kali penghargaan Best Airport of The Year diberikan kepada dua bandara. Ini dikarenakan dua bandara tersebut memiliki nilai peningkatan yang sama dan tahun ini juga merupakan tahun ke-11 event bergengsi ini diselenggarakan.

Ketua Dewan Juri Bandara Awards Herry Bakti mengemukakan, Bandara Soekarno Hatta Terminal 3 dan Bandara I Gusti Ngurah Rai menyisihkan 98 bandara lainnya yang disurvei dalam rangka Bandara Awards 2019 ini. Tahun sebelumnya, yaitu pada Bandara Awards 2018, Bandara Soekarno Hatta Terminal 3 juga berhasil meraih penghargaan Best Airport of The Year.

Acara yang diselenggarakan setiap tahun ini menurut Herry Bakti, bertujuan untuk mendorong para pengelola bandara agar meningkatkan pelayanan jasa bandara menjadi semakin baik dan kompetitif, dsn menuju standar pelayanan bertaraf kelas dunia. Dengan demikian akan mampu meningkatkan citra penerbangan nasional dan mendorong pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia.

"Kami sangat bangga dan berterimakasih kepada Majalah Bandara yang telah konsisten dan sukses menyelenggarakan program hingga saat ini serta atas dukungan berkelanjutan dari kementerian terkait, yaitu Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” kata Herry Bakti.

Chariman Bandara Indonesia Group (BIG) Erwin Nurdin mengatakan, penghargaan atau apresiasi yang diberikan Majalah Bandara kepada pengelola bandara yang telah memberikan pelayanan terbaik terhadap pengguna jasa bandara. Pemilihan pemenang dilakukan berdasarkan hasil survei langsung ke bandara-bandara di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas hingga Rote.

"Survei tahun ini dimulai bulan April hingga Oktober 2019, dilakukan melalui pengisian kuesioner oleh penumpang pesawat di 100 bandara. Hasil survei itu dijadikan acuan Dewan Juri untuk menentukan bandara-bandara yang layak memperoleh penghargaan," jelas Erwin

Selain memberikan penghargaan tertinggi, yakni Best Airport of the Year 2019 Dewan Juri juga memberikan penghargaan untuk bandara yang memiliki kualitas pelayanan dan peningkatan yang terbaik di lingkungan Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU). Tahun ini Best UPBU of the Year 2019 berhasil diraih oleh Bandara Abdulrachman Saleh.

Di samping dua penghargaan tetinggi tersebut, Majalah Bandara juga memberikan penghargaan khusus kepada lima bandara, di antaranya adalah Bandara Kalimarau, Berau, atas prestasinya yang telah menjadi Juara 1 UPBU Kelas I sebanyak lima kali berturut-turut, yaitu tahun 2015 – 2019.

Bandara Kualanamu, Medan, sebagai Smart Airport, Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, sebagai Creative Airport, Bandara Wasior atas perannya sebagai pembuka akses menuju pedalaman Papua Barat, yaitu Kabupaten Teluk Wondama dan mitigasi bencana. Serta Bandara H. Aroeboesman, Ende, yang telah berperan dalam mendukung perekonomian dan pariwisata Flores, Nusa Tenggara Timur. (Imd)

BERITA REKOMENDASI