Sumatera Harapan Kedua Setelah Jawa

BATAM (KRjogja.com) – Pulau Sumatera saat ini telah mulai menunjukkan pertumbuhan pada sektor eekonomi. Hal ini terlihat dari pertumbuhan ekonomi Sumatera dari 4,2 persen pada triwulan pertama menjadi 4,5 persen pada triwulan kedua 2016.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Wilayah I Dian Ediana Rae, Sumatera saat ini berpotensi untuk menjadi sumber pertumbuhan ekonomi Indoensia.

Saat ini, melihat potensi sumber daya alam dan pariwisata yang dimiliki, Sumatera menjadi pilihan selanjutnya setelah Jawa dalam mencapai target pertumbuhan ekonomi.

"Sumatera adalah ekonomi terbesar kedua setelah Pulau Jawa. Harapan pertumbuhan terbesar berikutnya setelah Pulau Jawa," kata Dian di di Kantor BI Cabang Kepri, Batam, Kamis (11/8/2016).

Untuk itu, saat ini perlu dilakukan restrukturisasi ekonomi Sumatera. Pemerintah pusat pun diharapkan dapat ikut turun tangan dalam rangka membangun ekonomi Sumatera.

"Proses restrukturisasi itu tidak hanya di pusat tapi juga di daerah. Lalu juga bagaimana korelasi yang efektif dan juga kebijakan BI di daerah nanti juga harus dikaji," tutupnya.

Seperti diketahui, BI kembali menggelar rapat evaluasi ekonomi dan keuangan daerah (REKDA). Rapat kali ini dilakukan di Batam, Provinsi Kepulauan Riau, untuk membahas perkembangan ekonomi daerah pada Triwulan III-2016.

Rapat ini dilakukan untuk memperoleh gambaran terkini perkembangan industri maritim yang mencakup industri galangan kapal, jasa pelayaran, perikanan, dan pariwisata bahari. (*)

BERITA REKOMENDASI