Tax Amnesty Pengaruhi Target Pertumbuhan Ekonomi

 

JAKARTA (KRjogja.com) – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, target pertumbuhan ekonomi yang telah disepakati 5,1 persen di RAPBN 2017 masih sesuai dengan perkiraan pemerintah.  Guna mencapai pertumbuhan ekonomi tersebut sangat dipengaruhi berhasil atau tidaknya program pengampunan pajak (tax amnesty).

"Saya menilai, target pertumbuhan ekonomi yang telah disepakati 5,1 persen di RAPBN 2017 masih berada pada rentang perkiraan pemerintah di kisaran 5 persen sampai 5,1 persen. Paling tidak target pertumbuhan ekonomi kita tidak turun lah dari perkiraan tahun ini," kata  Darmin Nasution di Jakarta, Jumat (09/09/2016).

Menurutnya, target pertumbuhan ekonomi nasional tahun depan turut dipengaruhi pencapaian tax amnesty. Pemerintah memasang target uang tebusan dari program tax amnesty sebesar Rp 165 triliun, deklarasi harta hingga Rp 4.000 triliun, serta repatriasi yang merujuk pada data Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) sebesar Rp 1.000 triliun.

Dikatakan, apabila berhasil merealisasikan target penerimaan pajak dari tax amnesty, diperkirakan  ekonomi Indonesia tahun depan memungkinkan untuk tumbuh lebih tinggi.

Darmin juga mengatakan, pemerintah akan tetap berupaya mengumpulkan target penerimaan pajak semaksimal mungkin. Caranya Sri Mulyani terus memantau kinerja Ditjen Pajak dalam mengejar penerimaan, dengan berkoordinasi bersama Kepala Kanwil setiap pekan. (Lmg)

BERITA REKOMENDASI