Tembus Pasar Global, Siapkan 7 Food Suplement

JAKARTA, KRJOGJA.com – PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk meluncurkan tujuh produk baru Food Supplement di Kantor Sido Muncul, Jakarta Selatan, pada Kamis (20/02). Ketujuh produk Food Supplement ini adalah Tolak Angin, Tolak Linu, Sari Kunyit,  Vitamin E 100 I.U, Vitamin E 300 I.U, Vitamin D3 400 I.U, dan Virgin Coconut Oil (VCO). Peluncuran produk baru ditandai dengan sambutan sekaligus pemotongan tumpeng oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat.

Dalam sambutannya, Irwan Hidayat menjelaskan bahwa tujuh produk yang diluncurkan merupakan inovasi dari Food Supplement Sido Muncul, yang dikemas dalam bentuk soft capsule. Langkah ini dilakukan agar perusahaan dapat memperluas pangsa pasar ekspor.

“Sebelumnya, Sido Muncul telah memasarkan 33 Food Supplement bentuk capsule. Sedangkan tujuh produk baru ini merupakan pengembangan dari Food Supplement Sido Muncul yang dikemas dalam bentuk soft capsule. Langkah ini dilakukan karena peluang pertumbuhan penjualan di berbagai negara akan terbuka lebar. Di negara lain tidak ada regulasi terkait jamu, tapi untuk food supplement sudah ada regulasi dunianya. Jadi kami harap bisa memperluas penjualan produk kami bukan hanya domestik tapi hingga seluruh dunia,” jelas Irwan Hidayat.

Food Supplement Sido Muncul diekstraksi menggunakan mesin khusus herbal bersuhu rendah agar zat aktif dalam produk tetap terjaga. Setiap batch telah melalui quality control untuk memastikan produk bebas uji aflatoksin, cemaran mikroba, logam berat, pupuk, dan tes DNA agar produk bebas barang haram. Proses pengembangan produk soft capsule telah dimulai sejak 2015. Pada 2017, Sido Muncul membeli mesin soft capsule dengan teknologi modern, yaitu Mesin Pencampuran, Enkapsulasi, Pengiring, dan Capsule Printing. Seluruh mesin dioperasikan secara otomatis dan tertutup. “Semua parameter produksi juga dijaga dan dikendalikan secara otomatis melalui control panel yang terdapat pada setiap mesin,” jelas Irwan.

Wakil Direktur Marketing Sido Muncul Maria Reviani Hidayat mengatakan, tujuh food supplement Sido Muncul yang baru diluncurkan tetap memiliki khasiat yang sama dengan produk-produk Sido Muncul sebelumnya.
”Mengenai khasiat, produk food supplement memiliki khasiat yang sama dengan produk Sido Muncul yang sudah ada sebelumnya. Sebagai contoh, satu capsule Tolak Angin memiliki khasiat yang sama dengan satu sachet Tolak Angin. Begitu juga dengan produk lainnya. Yang membedakan hanya bentuknya saja. Jadi, soft capsule ini bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang kurang menyukai aroma jamu,” tambah Maria Hidayat.

Ada pun khasiat dari tujuh produk Food Supplement Sido Muncul, yakni Sari Kunyit memiliki khasiat menjaga kesehatan lambung dan mengatasi maag, Tolak Angin untuk mengobati masik angin, Tolak Linu untuk meredakan pegal linu dan nyeri sendi, Vitamin E 100 dan 300 I.U., untuk membantu memelihara keremajaan kulit tubuh dan wajah, serta VCO berkhasiat membantu memelihara kesehatan.

Sido Muncul telah memiliki ijin produksi untuk produk soft capsule berupa sertifikat Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dari Badam POM RI pada 19.September 2018. (Ati)

BERITA TERKAIT