Teten Masduki Ingatkan UMKM Adaptasi dan Inovasi Produk

BALI, KRJOGJA com – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), KemenkopUKM telah menjalankan program gerakan belanja di warung tetangga untuk memperkuat warung tradisional yang mengalami kesulitan bersaing dengan jaringan ritel modern. Selain itu mendorong sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk melakukan adaptasi dan inovasi produk, menyesuaikan dengan permintaan market baru di saat pandemi Covid-19.

“Permasalahan yang dihadapi adalah terkait pembiayaan. Yang kedua, masalah menurunnya permintaan. UMKM dalam menghadapi pandemi Covid ini harus melakukan adaptasi dan inovasi produk, sesuai dengan permintaan market yang baru,” tegas MenKopUKM Teten Masduki, dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RKTM) membahas program dan kebijakan strategis dalam penanganan dampak Pandemi Covid-19 dari sisi ekonomi, di Badung, Bali, Jumat (21/8)malam.

Rapat Koordinasi Tingkat Menteri dipimpin oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, yang juga menjabat Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan dihadiri secara fisik oleh sembilan Menteri, yakni Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Menteri Pertanian, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Koperasi dan UKM, dan Wakil Menteri BUMN I. Baca Juga: Kemenkop UKM Percepat Proses Sertifikasi Halal Produk UMKM Selain itu, turut hadir pula lima menteri melalui sambungan konferensi daring, yaitu Menteri Keuangan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Perhubungan, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

BERITA REKOMENDASI