Tiga Bulan Pertama, Amnesti Pajak Fokuskan Pengusaha

YOGYA (KRjogja.com) – Amnesti pajak di DIY telah digulirkan dan terus disosialisasikan terutama bagi wajib pajak (WP) pengusaha besar selama tiga bulan pertama. Upaya jemput bola ini terus diupayakan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) DIY hingga akhirnya menyasar sektor andalan dan terbesar di DIY yaitu UMKM.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2 dan Humas)  Kanwil DJP DIY, Sanityas Jukti Prawatyani di Bangsal Kepatihan, Senin (8/8). Pihaknya menggunakan dua metode untuk terus menggaungkan amesti pajak baik dari eksternal maupun internal.

"Kita mengadakan atau dari pihak luar yang mengundang untuk mensosialisasikan amesti pajak. Kita akan mengundang para pengusaha besar-besaran untuk sosialisasi dan mendengarkan penjelasan tentang amnesti pajak pada 23 Agustus 2016 ini," ujar wanita yang akrab disapa Tyas ini.

Tyas menuturkan sasaran yang menjadi incaran sosialisasi di DIY adalah WP yang merupakan WP.  Sosialisasi skala besar-besaran ini harus segera dilakukan mengingat batas waktunya tidak akan lama lagi terutama untuk keringanan sebesar 2 persen batasnya pada 30 September 2016,  3 persen pada 31 Desember 2016 hingga 5 persen pada Maret 2017 nantinya.

"Kadang orang tidak mengerti apa itu amnesti pajak dan sudah takut duluan, bahkan dapat informasinya justru tidak dari kami. Harapannya WP paham dan mengerti amnesti pajak ini," tandasnya.    

Kanwil DJP DIY harus menjemput bola dan siap untuk menjalankan kebijakan amnesti pajak ini. Tidak hanya melalui sosialisasi langsung, pihaknya juga memasang iklan melalui berbagai media baik itu melalui surat kabar maupun pemasangan sejumlah baliho di beberapa titik strategis untuk mengedukasi masyarakat tentang amnesti pajak. (R-4)

 

BERITA REKOMENDASI