Tiga Hal ini Hambat Orang Berwirausaha

BERWIRAUSAHA membutuhkan tekad kuat ditambah kejelian melihat potensi pasar. Namun, tidak mudah memutuskan apalagi menjalani usaha. Ada beberapa hambatan sehingga seseorang mundur ketika sudah memutuskan untuk berwirausaha. Berikut tiga penghambatnya di sela Gerakan Nasional 1000 Startup Digital:

1. Kurang berempati

Andreas Aditya Swasti, Chief Information Officer, Nebengers mengungkapkan bahwa empati sangat penting. Hal ini merupakan kunci menangkap problem yang ada di masyarakat. Melalui problem tersebut, dicarilah problem solving yang berbentuk sebuah produk. Sehingga, tanpa adanya empati, akan sulit menangkap apa yang dibutuhkan masyarakat.

2. Lambat dalam eksekusi

Lebih baik eksekusi saja, jangan takut salah. Hal ini karena ragu-ragu dalam bertindak akan membuat usaha tidak jalan-jalan. Asalkan yang dilakukan tidak melanggar hukum nasional, maju saja. Hal tersebut diungkapkan oleh Muhammad Ghufron Mustaqim, VP of Operation Salestock.

3. Jangan terlalu idealis

Terkadang, ego untuk membuat sesuatu yang belum pernah ada mendominasi kreativitas. Namun, alih-alih sukses, karena terlalu idealis tersebut tidak menemukan pasar. Alhasil, produk tersebut tidak ada yang membeli, sehingga bisnis tidak jalan. "Jadi, menekan ego sangatlah penting untuk membuat usaha.", ucap Affi Khresna, Head of Idea Labs, Srengenge.

Sesi ketiga Gerakan Nasional 1000 Startup Digital mengambil tema "Building The Startup Mindset". Sesi ketiga ini dimoderatori oleh Fachry Bafadal, Founder Onebit. Acara diskusi ini dilaksanakan pada Sabtu (13/08/2016) dengan 6 sesi. Acara ini diselenggarakan di Grha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada (UGM). (Elitasari Apriyani)

BERITA REKOMENDASI