Tingkatkan Kemitraan, DPPM DIY Inisiasi Linkage UMKM Dengan Usaha Besar

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Perizinan dan Penanaman Modal (DPPM) DIY selaku regulator menginisiasi sebuah forum sosialisasi kemitraan usaha yang mempertemukan para pelaku startup atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sektor pertanian dengan Usaha Besar atau pengusaha besar. Upaya tersebut seiring fenomena maraknya kemunculan startup bisnis berbasis teknologi guna menjawab kebutuhan di bidang pertanian.

Kepala DPPM DIY Agus Priono mengatakan pandemi Covid 19 yang telah berlangsung selama lebih dari satu tahun ini ternyata membawa dampak yang positif karena mendorong peralihan ke teknologi menjadi semakin cepat, terutama pada sektor pertanian. Masyarakat mampu menyesuaikan dengan sangat baik dan beralih ke teknologi untuk pemenuhan kebutuhan sehari-harinya, termasuk di bidang pertanian.

“UMKM dan Usaha Besar menjalin hubungan yang saling membutuhkan. Oleh karena itu linkage keduanya perlu ditingkatkan. Ditambah lagi dengan potensi pertanian modern di DIY yang semakin meningkat. Hal ini membutuhkan dukungan dari Usaha Besar yang pada akhirnya akan meningkatkan realisasi kinerja investasi,” ujar Agus di Yogyakarta, Jumat (17/9/2021).

BERITA REKOMENDASI