Tingkatkan Kemitraan, DPPM DIY Inisiasi Linkage UMKM Dengan Usaha Besar

Agus menyatakan forum ini memang menitikberatkan kemitraan usaha antara UMKM dan pengusaha untuk mendorong ekosistem ekonomi DIY yang berkelanjutan di sektor pertanian. Forum tersebut menghadirkan narasumber dari PT BRI Tbk, PT Great Giant Pineapple dan PT Agri Futura Perkasa yang berbagi pengalaman dalam menjalankan bisnis dengan bermitra dan mendukung kemitraan demi memajukan pertanian Indonesia.

“Sebagai tindak lanjut awal, kami akan memfasilitasi inisiatif tersebut dengan membentuk Whatsapp Group (WAG) sebagai forum komunikasi. Dengan forum komunikasi ini diharapkan akan muncul kerjasama baru antara pada petani milenial DIY dan pengusaha guba mendorong ekosistem ekonomi digital sektor pertanian yang berkelanjutan,” paparnya.

Menurutnya perusahaan-perusahaan besar telah melakukan otomatisasi dan digitalisasi bisnis melalui berbagai aplikasi dan platform yang dikembangkan agar dapat memenuhi permintaan pasar. Selain itu pemanfaatan teknologi juga dibarengi dengan menggandeng UMKM, baik yang sudah menggunakan teknologi sebagai basis usahanya maupun para petani tradisional. Contohnya melalui program Creating Share Values (CSV)yang dilakukan PT. Great Giant Pineapple.

BERITA REKOMENDASI