Tunggu Payung Hukum, Masyarakat bisa Nikmati Gas Bumi

YOGYA, KRJOGJA.com –  PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), subholding gas bumi di Indonesia menjalin kerjasama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) serta para pengusaha bakpia guna memanfaatkan gas bumi di Yogyakarta.

"Hal ini merupakan langkah nyata perusahaan dalam menyebarkan energi baik serta mendukung industri kreatif di Tanah Air. Gas bumi milik PGN telah dapat dirasakan oleh masyarakat Yogyakarta saat ini melalui produk yang bernama GasLink," ungkap Group Head of Strategic stakeholder Management PGN Santiaji Gunawan kepada wartawan, Jumat (23/08/2019). Ikut hadir Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti bersama Dirut PT Gagas Energi Indonesia Sabaruddin.

BACA JUGA :

CV Tugu Jogja Istimewa Pelanggan Pertama PGN, Ini Kelebihannya

CV Tugu Jogja Istimewa Peroleh Pasokan Gas PGN untuk Produksi Bakpia

Dia berharap dengan kerja sama ini gas bumi yang terbukti aman, efisien, dan ramah lingkungan dapat memberikan nilai tambah bagi para pengusaha hotel, restoran, maupun usaha kecil seperti usaha bakpia. Bahkan, ke depannya ingin menyebarluaskan manfaat gas bumi bagi masyarakat Yogyakarta.

"Yogyakarta memiliki potensi untuk berkembang dan menunggu payung hukum agar masyarakat bisa menikmati gas alam melalui perpipaan. Hal itu sudah terlihat saat pemerintah mempercepat pembangunan infrastruktur dan jalan tol. Begitu ada payung hukum semua kendala bisa dihilangkan dan terealisasi dengan baik," ungkapnya.

Dia menjelaskan sebagai langkah awal, pihaknya telah bekerja sama dengan PHRI dalam pemanfaatan gas bumi dan penyediaan Information and Communication Technology (ICT) yang ditandai dengan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU). "Kami akan berkoordinasi dengan pihak PHRI di Yogyakarta untuk melakukan melakukan penyebaran gas bumi di sejumlah hotel dan restoran di daerah tersebut yang tergabung dalam PHRI."

Dia menambahkan saat ini PGN melalui anak perusahaannya PT Gagas Energi Indonesia telah menyalurkan gas bumi dalam bentuk Compressed Natural Gas (CNG) Yogyakarta untuk mencukupi kebutuhan tungku masak bakpia di CV Tugu Jogja Istimewa pada 2018 lalu. Bakpia Kukus Tugu Jogja merupakan pelanggan perdana bagi PGN di Yogyakarta. 

Plant Manager Bakpia Kukus Tugu Jogja Ari Maryono, kehadiran PGN di Yogyakarta telah memberikan banyak keuntungan bagi unit usaha tersebut karena berkualitas, efisiensi pembakarannya tinggi, dan harganya kompetitif. Gas bumi juga mendukung dalam kampanye ramah lingkungan. “Secara bisnis, penggunaan gas bumi untuk usaha kami dapat mengefisiensi pengeluaran biaya operasional. Seperti halnya kami dapat menghemat biaya produksi ketika kami memakai gas bumi karena harganya jauh lebih rendah dari bahan bakar lainnya,” kata Ari. (*)

BERITA REKOMENDASI