UMKM DIY Harus Melakukan Inovasi Produk Sesuai Kebutuhan Pasar

“Selain masih terkendala permodalan, permasalahan selanjutnya UMKM itu sendiri belum siap inovasi. Padahal pasar itu mencari produk yang dibutuhkan, UMKM seharusnya bisa menangkap kebutuhan pasar ini dengan melakukan inovasi dan kreativitas,” tandasnya.

Melihat permasalahan yang masih dihadapi UMKM di masa pandemi ini, Kadin DIY tetap mendorong agar perbankan meningkatkan penyaluran kreditnya bagi permodalan pelaku UMKM. Disamping itu, pihaknya mendorong agar pelaku UMKM di DIY melakukan inovasi dan kreativitas sesuai kebutuhan pasar yang masih mementingkan kebutuhan kesehatan.

“Kadin DIY berharap penyaluran kredit perbankan lebih luwes bagi pelaku UMKM DIY yang terdampak pandemi. Plus, butuh inovasi dari pelaku UMKM itu sendiri, tidak mungkin punya modal tetapi jualan produknya itu-itu saja malah tidak laku dan kalah saing dengan lain. Kadin DIY siap mendukung, salah satunya dalam pembinaan atau pelatihan bagi pelaku UMKM di DIY mulai dari peningkatan keterampilan sumber daya manusia, inovasi produk, digital marketing dan sebagainya,” ungkap Wawan. (Ira)

BERITA REKOMENDASI