Venteny Bantu UMKM Bangkit Saat Pandemi Covid-19

JAKARTA – Berawal dari kepedulian VENTENY terhadap pelaku usaha yang tengah berjuang menghadapi tantangan bisnis selama pandemi berlangsung, VENTENY Indonesia menggelar webinar keempat sebagai rangkaian dari program #VENTENYcare dengan tema CEO Talks: Accelerating Your Business Toward a New Economic Challenge bersama ketiga narasumber terbaik di bidangnya masing-masing.

Ketiga narasumber tersebut adalah Junichiro Waide selaku Founder & CEO VENTENY grup yang bergerak dalam bidang business acceleration dan employee engagement provider, Chandra Firmanto selaku Managing Director Indogen Capital yang bergerak dalam bidang joint venture, dan Tommy Gunawan H selaku CEO PT. Freshklindo Graha Solusi yang bergerak dalam bidang jasa cleaning service.

Ketiga narasumber memiliki 3 persamaan persepsi untuk merumuskan strategi dalam menghadapi tantangan ekonomi yang ada. Yang pertama para pelaku usaha harus memaksimalkan sumber daya yang sudah dimiliki; dalam hal ini seperti membina hubungan baik dengan rekan bisnis agar dapat saling berkolaborasi dengan saling memberikan referensi yang baik sehingga dapat saling mendukung keberlangsungan bisnis satu sama lain.

Seperti yang sudah dikatakan oleh Chandra Firmanto selaku Managing Director Indogen Capital bahwa kita tidak akan pernah tau kapan pandemi ini akan berakhir, maka dari itu pelaku usaha harus bisa berpikir jauh kedepan agar usaha dapat bertahan minimal setahun kedepan, misalkan dengan mencari sumber pendapatan lain serta cermat mencari alternatif pendanaan untuk usaha agar dapat bertahan selama pandemi.

Yang kedua para pelaku usaha harus dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Memasuki era yang serba digital, jika pebisnis tidak cepat beradaptasi dengan adanya kemajuan teknologi maka akan tertinggal. Yang ketiga para pelaku usaha harus dapat menjaga aset terpenting dalam perusahaan yaitu para karyawan karena semakin karyawan merasa terpenuhi baik secara jasmani maupun rohani maka kinerja mereka akan meningkat Menurut Junichiro Waide selaku Founder dan CEO VENTENY grup seorang pemimpin juga harus memberikan visi misi serta arahan yang jelas bagi karyawan agar dapat memberikan kejelasan arah perusahaan dan rasa aman.

BERITA REKOMENDASI