Wapres Minta APEC Hindari Perang Dagang

ACAPULCO (KRjogja.com) – Wakil Presiden Jusuf Kalla mendorong Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik mampu menghindarkan perang dagang antaranggota forum tersebut, terutama negara-negara besar.

"Perkembangan baru sekarang ini justru terjadi perang dagang sehingga pertemuan (KTT APEC di Peru) nanti penting agar cita-cita pertamanya tetap berjalan," ujarnya saat ditemui di Bandar Udara Juan Alvarez, Alcapulco, Meksiko, Kamis (17/11) malam waktu setempat.

Di sela-sela transit di bandara itu sebelum melanjutkan perjalanan menuju Lima, Peru, Kalla menjelaskan bahwa APEC yang dideklarasikan di Bogor, Jawa Barat, pada 1994 bertujuan untuk meningkatkan perdagangan. "Waktu itu motor ekonomi dunia Amerika Serikat dan Jepang. Sekarang muncul China," ujarnya. 
Menurut dia, KTT APEC di Peru itu sangat penting untuk menentukan arah kebijakan perekonomian global. "Jadi ada dua alternatif, apakah AS pada posisinya yang mendominasi perekonomian ataukah negara-negara lain mengambil inisitiaf," ujarnya. Oleh sebab itu, Wapres berancang-ancang jika terjadi perbedaan luar biasa pada pertemuan puncak yang berlangsung pada 19-20 November 2016 itu. 

Wapres menjelaska, pada awal-awal terbentuknya APEC lebih bersifat seremonial dan dipadati kegiatan seminar, namun sekarang sudah bergeser menjadi persoalan prinsipil perdagangan. Bahkan dia melihat AS keluar dari kesepakatan awal dan tidak akan dominan pada masa-masa mendatang karena akan menerapkan proteksi ekonomi. (*)

 

BERITA REKOMENDASI