XL Axiata Gencar Bangun Jaringan 4G

SOLO, KRJOGJA.com -PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) fokus membangun layanan pelanggan di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY. Berbagai rencana strategis disiapkan di tiga area tersebut guna merebut pasar.

Regional Group Head Central Region XL Axiata, Sofia Purbayanti mengatakan rencana tersebut dijabarkan pada perluasan jaringan data 4G, fiberisasi seluruh jaringan, dan peluncuran produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. 

“Di tingkat regional, kami berhadapan langsung dengan kompetisi yang sangat ketat dalam meyakinkan masyarakat pengguna layanan data. Kami harus mampu memenuhi ekspektasi masyarakat dan pelanggan agar mereka percaya dan setia dengan produk XL Axiata,” katanya kepada wartawan di Swiss-Belinn Saripetojo Solo.

Sofia menambahkan, trend penggunaan layanan data terus meningkat secara nasional. Namun di setiap area memiliki karakteristik pengguna yang khas. Untuk sebagian besar Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga DI Yogyakarta dengan trafik yang cukup tinggi, karakter pelanggannya mobile dan membutuhkan kualitas jaringan prima. 

Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih menjelaskan, proses fiberisasi telah terlaksana di sebagian besar wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta. Secara teknis, fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan Base Transceiver Station (BTS) melalui jalur fiber, termasuk melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS. Utamanya mengganti perangkat microwave menjadi perangkat fiber.

“XL Axiata telah melaksanakan fibernasi secara massif di seluruh wilayah Indonesia dalam 3 tahun terakhir,” kata Tri Wahyuningsih.

Hingga akhir September 2019, total pelanggan di area Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta mencapai lebih dari 18 juta atau 17 persen dari total pelanggan XL Axiata secara keseluruhan. Jumlah pelanggan datanya sekitar 68 persen dan pelanggan data 4G sekitar 50 persen. Selain ketiga provinsi di Jawa tersebut, wilayah layanan XL Axiata Central Region juga mencakup Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Hingga triwulan ketiga 2019, jumlah BTS di wilayah Jawa Barat telah mencapai lebih dari 25 ribu BTS 2G/3G/4G yang tersebar di 27 kota/kabupaten. Sementara untuk area Jawa Tengah dan Yogyakarta mencapai lebih dari 16 ribu BTS 2G/3G/4G yang tersebar di 40 kota/kabupaten. Untuk pelanggan layanan prabayar XL, terdapat paket unggulan seperti paket Xtra Combo Lite, Xtra Combo, maupun HotRod yang menawarkan ragam pilihan paket internet dan memberikan banyak benefit kuota utama intenet, kuota youtube serta kuota nelpon ke semua operator. Sedangkan untuk layanan AXIS, terdapat produk Owsem, Bronet dan Boostr dilengkapi juga dengan aplikasi AXISnet. Pada layanan pascabayar, pelanggan bisa mendapatkan manfaat dari beragam pilihan paket Prio Plan, Prio Go+ dan program XL Prioritas Shopping Points. (Lim)

 

BERITA REKOMENDASI