Animo Tinggi, 1.189 UMKM Ikuti UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022

Editor: Ary B Prass

JAKARTA, KRJOGJA.com – BRI bersinergi dengan Kementerian Koperasi & UKM menggelar UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 di The Apurva Kempinski Hotel, Bali. Kegiatan ini bertujuan bertujuan untuk memperkenalkan keunikan dan local value produk UMKM Indonesia kepada mancanegara, melalui negara-negara yang berpartisipasi dalam G20 yang nantinya, diharapkan UMKM ini dapat go modern, go digital, go online dan go global.

Produk-produk kreatifitas UMKM dari berbagai wilayah Indonesia tersebut akan melalui serangkaian proses kurasi, mulai dari administrasi, data, hingga sampel produk. Proses kurasi ini dilakukan oleh 10 orang ahli dengan Lead Curator Diana Nazir. Kemudian, kurasi akan ditutup dengan Video Conference untuk menetapkan hasil akhir.

Kali ini unsur kurasi lebih menekankan unsur ESG (Environmental, Social, and Governance), yaitu Mendukung gerakan Go Green, Memberdayakan masyarakat sekitar, Memiliki keunikan dan story telling yang kuat, dan Woman Empowerment.

Dalam perhelatannya yang keempat ini, animo UMKM untuk mengikuti BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR lebih tinggi. Terdapat 1.189 UMKM binaan BRI serta 128 UMKM terpilih yang berasal dari komunitas, lembaga dan kementerian terkait yang telah mendaftar sebagai peserta kurasi BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022. Mereka berasal dari 196 kota dan kabupaten dari 34 Provinsi di Indonesia.

Sebanyak 120 UMKM Unggulan alumni peserta BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2019, 2020, dan 2021 akan diundang kembali penjadi peserta. Untuk penyelenggaraan tahun ini UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 bakal dilaksanakan secara hybrid, baik online & offline.

Direktur Bisnis Kecil & Menengah BRI Amam Sukriyanto mengatakan, kurasi dilakukan untuk memastikan kualitas produk dari segi material, originalitas produk, standar packaging, value added melalui inovasi, teknik produksi dan dampak sosial.

Sustainability produk pun menjadi salah satu poin penilaian dalam tahap kurasi ini karena kami berharap produk UMKM harus bertanggung jawab terhadap alam, lingkungan hidup dan aman untuk manusia,” tutur Amam.

Perekonomian nasional yang berangsur pulih merupakan momentum yang tidak boleh dilewatkan oelh BRI yang memang memiliki core business di UMKM. Perseroan siap memberi panggung kepada UMKM Indonesia agar dapat memperluas akses ke pasar domestik dan internasional di rangkaian BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022.(*)

BERITA REKOMENDASI