Gojek Hadirkan Solusi Bagi Ratusan UMKM Yogyakarta untuk Go-Digital

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebagai kelanjutan dari peluncuran inisiatif #MelajuBersamaGojek secara nasional, Gojek menghadirkan solusi komprehensif (hulu ke hilir) bagi UMKM untuk lebih mudah go-digital di Yogyakarta. Melalui semangat gotong royong, Gojek berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) DI Yogyakarta melalui Dinas Koperasi dan UMKM untuk memberikan solusi yang mendukung UMKM ‘naik kelas’.

Inisiatif #MelajuBersamaGojek merupakan keseluruhan upaya dan teknologi dalam ekosistem Gojek yang membantu UMKM lebih mudah menerapkan digitalisasi dalam operasional bisnis sehari-hari, mulai dari pemasaran, pemesanan (pemrosesan order), pembayaran, pengiriman, hingga administrasi.

Ragam solusi tersebut dapat langsung digunakan oleh semua tipe UMKM, dari yang berskala mikro hingga besar. Selain menyediakan solusi yang komprehensif untuk UMKM seperti layanan pengiriman GoSend dan GoBox, Gojek juga bekerja sama dengan berbagai pihak lainnya termasuk mitra pembayaran seperti QRIS dan Link Aja, dan penyedia logistik Pos Indonesia, Paxel, dan JNE.

Kerja sama strategis Gojek dengan Pemprov DI Yogyakarta dikukuhkan melalui penandatangan nota kesepahaman oleh VP Regional Strategy Gojek Jabar Jateng DIY Becquini Akbar dan perwakilan Koperasi Java Parama Niaga yang disaksikan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DI Yogyakarta Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA pada tanggal 19 Agustus 2020 lalu.

Becquini Akbar,  VP Regional Strategy Gojek Jabar-Jateng DIY mengatakan, “Saat ini adalah masa-masa sulit bagi jutaan UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Sejak awal berdiri, mendorong pertumbuhan sektor UMKM dan pekerja informal merupakan bagian penting dari  DNA Gojek.”

Becquini juga menjelaskan, di periode penuh tantangan ini Gojek terus berupaya mengembangkan solusi komprehensif dan mudah untuk diterapkan guna membantu UMKM menjaga keberlangsungan usahanya. “Yogyakarta merupakan salah satu wilayah strategis bagi Gojek dalam pengembangan UMKM, melalui kerjasama strategis ini kami berharap bisa mempercepat transformasi UMKM dari bisnis tradisional menjadi usaha digital  sehingga UMKM dapat terus berkontribusi positif untuk ekonomi Indonesia pada umumnya, serta Yogyakarta secara khusus,” tambahnya.

Ir Srie Nurkyatsiwi MMA, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi DIY mengatakan, “Kami berikan apresiasi atas dukungan Gojek dalam mendorong pertumbuhan UMKM di Yogyakarta khususnya di masa pandemi COVID-19. Dengan bergabungnya UMKM Yogyakarta  ke dalam ekosistem Gojek, maka pelaku UMKM diharapkan mampu cepat beradaptasi. Pada saat ini pemerintah Provinsi DIY tengah melakukan program Bebas Ongkos Pengiriman bagi pelaku UMKM yang sudah bergabung di Sibakul. Saya mengajak pelaku UMKM yang belum bergabung secara online dapat memanfaatkan berbagai keunggulan teknologi platform digital seperti Gojek dan platform lainnya, dengan optimisme perekonomian bisa tumbuh. ”

Kerja sama Gojek dan Pemerintah Provinsi Yogyakarta untuk mendukung digitalisasi UMKM meliputi penyediaan dan pelatihan aplikasi Selly untuk lebih dari 400 UMKM yang saat ini tergabung dalam platform UMKM Pemprov Yogyakarta melalui layanan Sibakul. Aplikasi Selly merupakan aplikasi keyboard dan dashboard yang memudahkan UMKM melayani pelanggan termasuk solusi e-payment. (*)

BERITA REKOMENDASI