17 Sektor Industri Ini Nikmati Tax Holiday

JAKARTA, KRJOGJA.com – Guna meningkatkan investasi Kementerian Keuangan memberikan fasilitas tax holiday kepada wajib pajak badan yang melakukan penanaman modal baru  di Indonesia. Pemberian tax holiday ini sekaligus merubah kebijakan pemerintah sebelumnya dari 18 sektor industri pionir menjadi  17 sektor industri pionir.

"Pemberian Keuangan memberikan fasilitas tax holiday kepada investor yang melakukan penanaman modal baru  di Indonesia," kata Dirjen Pajak Robert Pakpahan di Jakarta, Senin (02/04/2018).

Menurut Robert adapun tax holiday berupa pengurangan  PPh badan atas peenghasilan kegiaatan usaha diberikan hingga 100 persen daru juma PPh badan yang terutan dengan jangka waktu hingga 20 tahun. Sebelumnya tax holiday hanya sekitar 10-100 persen dengan jangka waktu 5-15 tahun.

" untuk industri yang mendapatkan tax holiday ini dengan rencana penanaman modal berkisar Rp 500 miliar hingga Rp 30 triliun. Setelah jangka waktu berakhir diberikan  waktu 2 tahun masa transisi dengan pengurangan PPh badan sebesar 50 persen," ungkap Robert.

Robert menjelaskan nilai investasi Rp 500 miliar sampai dengan kurang dari Rp 1 triliun mendapatkan tax holiday selama 5 tahun, investasi Rp 1 triliun sampai dengan kurang dari Rp 5 triliun selama 7 tahun, investasi Rp 5 triliun sampai dengan kurang dari Rp 15 triliun selama 10 tahun, investasi Rp 15 triliun sampai dengan kurang dari Rp 30 triliun selama 15 tahun, dan Rp 30 triliun ke atas mendapatkan tax holiday selama 20 tahun.

"Jadi waktu mengajukan penanaman modal, berapa modal yang dijanjikan, kalau dia Rp 30 triliun, secara otomatis akan dapat izin prinsip tax holiday selama 20 tahun selama cocok dengan sektornya," ungkap dia. (Lmg)

BERITA REKOMENDASI