2017, Belanja Modal BUMN Rp555 T

JAKARTA (KRjogja.com) – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, target belanja modal atau capital expenditure (capex) di 2017 menjadi Rp555 triliun, atau naik signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Rini menyebutkan, pada 2015 target capex BUMN sebesar Rp219 triliun, pada 2016 targetnya Rp416 triliun. 

"Tahun depan sekitar Rp555 triliun," kata Rini di Kantor DJP, Jakarta, Selasa (16/8/2016). 

Peningkatan target capex BUMN di 2017 juga optimistis tercapai lantaran beberapa aksi korporasi yang akan dilakukan BUMN. Seperti adanya initial public offering (IPO) dan juga holding BUMN, serta adanya right issue yang dilakukan pada tahun ini..[ "Itu untuk dapat meningkatkan kemampuan BUMN, dan mudah-mudahan holding bisa selesai akhir tahun, itu akan meningkatkan kemampuan BUMN," tambahnya. 

Diketahui, pada RAPBN 2017 tidak adanya pengajuan Penyertaan Modal Negara (PMN) seperti pada dua tahun belakangan lantaran BUMN dianggap sudah mulai kuat. Rini menyebutkan, dua tahun terakhir BUMN mengusulkan adanya PMN pada APBN lantaran mendapat tugas langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mempercepat pembangunan infrastruktur. Sejak 2015 pemerintah melalui Kementerian BUMN dan Kementerian PUPR telah menyelesaikan sekitar 1.200 kilometer (km) yang sejak awal Indonesia merdeka baru terealisasi 670 km. 
Untuk 2017, kata Rini, para perusahaan BUMN yang dua tahun belakangan mendapat PMN disinyalir sudah jauh lebih kuat sistem keuangannya. Belum lagi adanya wacana holding atau peleburan beberapa BUMN di tujuh sektor. (*)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI