2017, BI Batasi Suku Bunga Kartu Kredit

KUTA (KRjogja.com) – Bank Indonesia mulai tahun 2017 memotok tingkat suku bunga kartu kredit  maksimal 2,25 persen perbulan. Saat ini suku bunga kredit masih mencapai 2,95 persen. Tujuan dibatasinya tingkat suku bunga kartu kredit ini membantu program pemakaian uang non tunai. 

"Diharapkan dengan bunga kartu kredit  yang lebih rendah, akan meningkatkan transaksi kartu kredit. Ini  membantu untuk meningkatkan gerakan transaksi non-tunai," kata Direktur Departemen Kebijakan dan Sistem Pembayaran dari Bank Indonesia, Farida Perangin-angin, di pada acara workshop Bank Indonesia, di Kuta, Bali, Jumat-Minggu, 2-4 Desember 2016.

Menurut Farida BI akan memberikan masa transisi kepada perbankan  selama 6 bulan, Tujuannya agar perbankan dapat menyesuakan perencanaan investasi dan keuangannya, karena penurunan suku bunga akan mengubah porsi pendapatan berbasis komisi.

Selain itu, lembaga penerbit kartu kredit, ujar Farida, tentu perlu mengubah mekanisme dalam sistem pembayaran yang digunakan, saat batas atas suku bunga diturunkan "Kami sudah sosialisasi ke bank, jadi bank diharapkan dapat segera melakukan penyesuaian," ujarnya.

Farida menjelaskan penurunan bunga kartu kredit juga dapat membantu perbankan untuk memperbaiki rasio kredit bermasalah (Non-Performing Loan/NPL). Meningkatnya NPL bisa disebabkan terhambatnya pembayaran tagihan kartu kredit milik nasabah. (Lmg)

BERITA REKOMENDASI