2017, Pendanaan Efek Indonesia Akan Beroperasi

JAKARTA (KRjogja.com) – Self Regulation Organization (SRO) memperkirakan, PT Pendanaan Efek Indonesia (PEI) beroperasi pada kuartal I tahun depan. Perusahaan ini sendiri dibentuk untuk membiayai perusahaan sekuritas yang memfasilitasi transaksi margin.

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio dalam keterangannya mengatakan, untuk pengoperasian perusahaan ini memerlukan restu dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"OJK menginginkan kuartal I minimal sudah jalan, tapi kita minta approval persetujuan. Persetujuan prinsip PT berdiri sudah. Karena hari ini kita dirikan. Ini sejarah besar karena tidak semua negara punya. Yang paling besar Jepang, Thailand, Taiwan yang besar-besar punya," kata dia, Selasa (27/12/2016) malam.

Dia mengatakan, pembentukan perusahaan ini sejalan dengan rencana BEI yang akan merelaksasi saham  ditransaksikan secara margin menjadi 200 saham. Saat ini, hanya ada 45 saham yang bisa ditransaksi secara margin.

"Artinya margin sekarang hanya 45 saham, LQ45. Dengan persetujuan OJK kita sudah siap merelaksasi sehingga nanti akan ada 200 perusahaan bisa mendapatkan pendanaan margin, ikut margin," kata dia.(*)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI