2018, Adira Finance Bidik Pembiayaan Rp3,5 T

SLEMAN, KRJOGJA.com – Masyarakat masih membutuhkan motor bekas di tengah maraknya produsen mengeluarkan jenis terbaru. Bahkan, pangsa pasarnya menunjukkan kinerja positif meski sepanjang tahun 2017 daya beli masyarakat agak menurun.

"Kami serius menggarap pasar sepeda motor bekas karena masih dibutuhkan masyarakat dan disesuaikan dengan kemampuan. Sepeda motor menjadi andalan sebagai sarana transportasi di masyarakat," kata Kepala Divisi Pemasaran Pembiayaan Sepeda Motor Bekas PT Adira Finance di sela Pameran Motor Bekas namun Berkualitas (Mokas Mart) di Jogja City Mall, Sabtu (16/123/2017) didampingi Kepala Kanwil Adira Finance Jateng-DIY Irvan Budianto, Manager Marketing Motor Bekas Erna dan pejabat lainnya.

Sugianto mencatat hingga akhir November 2017 pembiayaan sepeda motor bekas secara nasional mengalami peningkatan 23 persen dibandingkan tahun 2016. Nominalnya sekitar Rp 2,8 triliunan dan untuk tahun 2018 manajemen memasang target mampu membiayai sebesar Rp 3,5 triliun. Hasil ini berbanding terbalik dengan pembiayaan motor baru yang mengalami penurunan tipis.

"Target yang dipasang bukan kecil. Khusus Jateng-DIY sendiri juga diberikan target kenaikan sebesar 20 persenan. Salah satu cara memenuhi target ini adalah mengadakan pameran di mall. Kami ingin motor bekas naik kelas. Bukan murahan apalagi mudah rusak," ungkap Sugianto.

Sugianto memberi garansi 170 unit motor bekas yang ditawarkan. Bahkan, sudah melalui serangkaian tes guna menjamin kehandalan apalagi keawetan mesin. Konsumen sekitar 70 persen masih meminati sepeda motor jenis matic dengan harga Rp15 jutaan.

"Pameran seperti ini juga untuk branding di masyarakat. Selain menjual produk berkualitas, kami juga menyiapkan aplikasi digital. Kami sudah menyiapkan segala sesuatunya dan memungkinkan pembelian unit dari seluruh Indonesia. Misalnya, orang tua tinggal di Jakarta membelikan sepeda motor (dan dikirimkan) untuk anaknya yang kuliah di Yogkarta," tandasnya.

Kepala Kantor Wilayah Adira Finance Jateng-DIY Irvan Budianto menjelaskan pameran selama dua hari ini akan melibatkan para mitra terpercaya. Hingga akhir November 2017, Adira Finance telah membiayai 3.600 motor bekas senilai Rp400 miliar dari 21 cabang yang dimiliki.

"Dalam sebulan rata-rata membiayai motor bekas Rp30-32 miliar. Pembiayaan total tumbuh 43 persen dan pembelian unit (motor bekas) meningkat 17 persen. Kami juga memiliki 400 ribuan customer dengan aset mencapai Rp 4,2 triliun," paparnya. (Tom)

BERITA REKOMENDASI