2019, Pertumbuhan Ekonomi Global 3,9 Persen

JAKARTA, KRJOGJA.com – Dana Moneter International (IMF) memprediksi pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2018 dan 2019  global bisa mencapai 3,9 persen. Di mana, ASEAN memiliki kontribusi yang penting dalam mencapai target tersebut.

"Dengan menghasilkan pertumbuhan yang kuat dalam dua dekade terakhir, mereka (Indonesia dan Asean) telah menjadi juru kemudi bagi ekonomi global,” kata Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde dalam High Level Conference sebagai rangkaian Annual Meetings 2018 dengan tema New Growth Models in a Changing Global Landscape, di Jakarta, Selasa (27/02/2018).

Lagarde menuturkan, bahwa dunia bisa belajar banyak dari ASEAN. Pasalnya, negara-negara di kawasan ini berhasil melewati batas jarak mereka guna mengejar pertumbuhan kawasan ekonomi. "Misalnya di Indonesia, ada Gotong Royong untuk mencapai tujuan. Moto tersebut kita terapkan juga di IMF. Para anggota dari berbagai negara saling bekerjasama untuk mencapai tujuan dan stabilitas, sesuai yang diharapkan founding father,” ujarnya.

Dikatakan, pencapaian positif yang telah diperoleh Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, antara lain dalam bidang ekonomi dan bidang sosial.  Dari aspek regional, negara-negara ASEAN dianggap memiliki ketahanan ekonomi yang baik dan dapat menjadi contoh bagi negara-negara lainnya, antara lain dalam pelaksanaan pertumbuhan ekonomi inklusif. 

Namun, Lagarde juga mengingatkan bahwa di tengah pertumbuhan ekonomi ASEAN yang tengah membaik, saat ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan pembenahan perekonomian negara, baik dari sisi moneter dan makroekonomi maupun infrastruktur. (Lmg)

BERITA REKOMENDASI