2021, Ekonomi RI Tumbuh 3,9 Persen

JAKARTA, KRJOGJA.com – Chief Economist PT CIMB Niaga Adrian Panggabean memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2021 sekitar 3,9 persen. Pencapaian pertumbuhan ekonomi tersebut dengan 5 pertimbangan utama.

“Rekalibrasi model proyeksi ekonomi memberi saya indikasi kuat bahwa PDB Indonesia akan bertumbuh sebesar 3,9 persen di tahun 2021, yang dimulai dengan geliat perekonomian di kuartal I tahun 2021 sebesar 0,8 persen yoy. Ada lima faktor yang mempengaruhi dinamika ekonomi di 2021. Dua faktor pertama bersifat mendukung angka pertumbuhan yang lebih tinggi; tiga faktor sisanya bersifat menurunkan prospek laju pertumbuhan ekonomi di 2021,” kata Chief Economist PT CIMB Niaga Adrian Panggabean di Jakarta, Senin (18/1).

Adapun pertimbangan pertama, yakni base-effects menjelaskan sekitar tiga-perempat dari cerita pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2021. Sisanya diterangkan oleh normalisasi perekonomian di pulau Jawa (hampir 60 persen dari total PDB Indonesia), yang ditopang oleh sektor keuangan, telekomunikasi, infrastuktur publik (via alokasi APBN sekitar Rp 400 triliun), dan kesehatan, sejalan dengan dimulainya program vaksinasi.

Kedua, prospek dorongan likuiditas lewat stimulus fiskal (terutama belanja modal) yang didukung oleh penurunan tingkat suku bunga acuan Bank Indonesia atau repo rate (BI 7 day reverse – BI7DRR)lebih lanjut ke arah 3,50 persen.

BERITA REKOMENDASI