378 WP di DIY Telah Ikuti Amnesti Pajak

YOGYA (KRjogja.com) – Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) DIY menyampaikan Wajib Pajak (WP) yang sudah mengungkapkan hartanya sebanyak 378 WP dengan nilai harta Rp 925 miliar dan tebusan Rp 16,35 miliar per 8 September 2016. Potensi pengungkapan harta WP di DIY diharapkan semakin bertambah, mengingat masyarakat yang mendatangi help desk amnesti pajak di DIY mencapai 3.822 orang.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kanwil DJP DIY, Yuli Kristiyono kepada KR, Kamis (8/9/2016). Dengan capaian tersebut membuktikan sosialisasi yang telah dilakukan pihaknya cukup berhasil di masyarakat.

"Sangat luar biasa realisasi WP di DIY hanya delapan hari yang mengungkapkan hartanya saat ini mencapai 378 WP, padahal akhir Agustus 2016 lalu baru 105 WP yang mengungkapkan. WP yang mengungkapkan hartanya tersebut bervariasi karena ini hak semua WP tidak hanya yang besar yang kecilpun boleh kalau merasa hartanya dulu belum kena pajak pada waktu diperoleh," papar Yuli.

Yuli mengakui WP di DIY yang mengungkapkan hartanya tersebut ada yang disimpan di luar negeri (dana repatriasi), tetapi masih sedikit dikisaran Rp 17 miliaran. Kanwil DJP DIY belum memegang data WP yang ada di dalam negeri, sehingga sampai saat ini belum diketahui potensi amnesti pajak, tetapi dipastikan potensinya ada.

Sebelumnya DJP telah mengeluarkan Peraturan DJP Nomor 11 Tahun 2016 yang menjelaskan amnesti pajak bukan wajib tetapi pilihan bagi WP. Sehingga peraturan ini menegaskan masyarakat berpenghasilan rendah dan WP yang sudah taat pajak atas penghasilannya tidak perlu ikut program amnesti pajak. WP yang seluruh penghasilannya telah dipajaki dapat memilih pembetulan SPT tahunan untuk melaporkan harta tambahan, tanpa membayar pajak tambahan.

"Semisal dalam hartanya itu sudah dipungut pajak pada waktu diperoleh, maka WP tidak perlu membayar pajak tambahan lagi," ujar Yuli. (Ira)

 

BERITA REKOMENDASI