Agar Ga Tekor, Begini Tips Mengatur Keuangan Selama Ramadan dan Jelang Lebaran

Manfaatkan THR dengan bijak

Skala prioritas pemanfaatan THR secara berurutan seharusnya seperti ini: membayar THR orang yang bekerja untuk kita (termasuk petugas keamanan lingkungan dan pengangkut sampah), membayar zakat dan sedekah, melunasi utang, mengisi simpanan dana darurat, diinvestasikan, dan sisanya baru boleh dibelanjakan.

Berbicara mengenai dana darurat, saldo dana darurat seharusnya bisa menutupi biaya hidup selama paling tidak enam bulan. Namun, di saat pandemi, saya sarankan saldo dana darurat cukup untuk 12 bulan biaya hidup. Manfaatkan THR, bonus, dan penghasilan tambahan lainnya untuk mengisi simpanan dana darurat.

Bagi yang memiliki anak usia sekolah, dana THR juga bisa dimanfaatkan untuk membayar biaya sekolah di tahun ajaran baru yang sebentar lagi datang. Sementara bagi yang ingin mudik, sebaiknya tunda dulu. Sabar. Seperti esensi dalam berpuasa, yaitu mengendalikan hawa nafsu duniawi. Pikirkan tenaga medis yang juga manusia dan berharap pandemi ini segera berakhir.

Pikirkan banyak orang yang kehilangan pekerjaan/penghasilan karena pandemi ini. Jangan egois, dan bantu untuk putus rantai penyebaran virus ini. Simpan saja dananya untuk mudik di tahun depan.

Anda bisa memanfaatkan reksa dana pasar uang sebagai sarana pengembangan dana untuk persiapan mudik di tahun depan maupun untuk menyimpan dana darurat. Reksa dana pasar uang memiliki potensi imbal hasil yang lebih tinggi daripada tabungan maupun deposito. Sebagai contoh, reksa dana Manulife Dana Kas Syariah (MDKS) memberikan imbal hasil sebesar 4,43% dalam periode setahun terakhir (per akhir Maret 2021), jauh melampaui tolok ukurnya yang sebesar 2,85% (rata-rata bagi hasil deposito syariah 1 bulan di bank lokal).

Jika Anda rasa tahun depan kondisinya masih belum kondusif, sehingga Anda berpikir untuk menyiapkan rencana mudik dalam dua tahun lagi, Anda bisa memanfaatkan reksa dana Manulife Syariah Sukuk Indonesia (MSSI). Dalam setahun terakhir (per akhir Maret 2021), imbal hasil MSSI sebesar 9,02%, jauh di atas tolak ukur yang sebesar 4,45% (rata-rata bagi hasil deposito syariah 1 bulan di bank lokal). Anda tinggal pilih yang paling pas untuk tujuan keuangan Anda.

Penutup

Bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri adalah momen yang sangat spesial bagi umat Muslim. Namun sayangnya tidak semua bisa mensyukuri kebahagiaan di bulan suci ini. Bulan Ramadan merupakan bulan yang baik untuk mengasah empati/simpati, membersihkan hati, dan momen yang mengingatkan kita untuk kembali menjadi pembawa kebaikan di muka bumi ini. Berbagi kebahagiaan bersama orang lain, salah satunya dengan cara menyisihkan sebagian rezeki kita untuk orang lain yang membutuhkan (seperti kaum dhuafa dan anak yatim piatu), akan membuat hidup kita terasa lebih berarti dan membuat hati menjadi lebih bahagia. Perasaan ini terasa jauh lebih indah daripada menikmati seluruh rezeki untuk keperluan diri sendiri. (*)

BERITA REKOMENDASI