Akan Ada Perubahan APBN di 2019, Seperti Apa?

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan bahwa pemerintah akan melakukan revisi atau perubahan terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN-P) 2019. Hal ini menurutnya, merupakan suatu penyesuaian terhadap kondisi ekonomi tahun berjalan.

"Ya adalah APBN-P. Ya siapapun pemenang (pemilihan presiden) pasti akan ada APBN-P. Ya karena setiap tahun itu ada APBN-P karena ada adjustment," ujar Darmin dalam keterangannya, Kamis (3/1/2019) malam.

Untuk 2018, Darmin mengatakan, memang tidak dilakukan perubahan terhadap APBN. Hal tersebut seiring dengan akan berakhirnya lima tahun pemerintahan Jokowi-JK.

"Kemarin itu kan tidak ada APBN-P karena juga sudah tahun terakhir sehingga ya tidak perlu ada APBN-P. Tapi secara normal APBN-P itu ada. (APBN-P tidak ada) ya kecuali memang perubahan hampir tidak ada (pada pendapatan maupun belanja)," kata Darmin.

Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut melanjutkan, perubahan terhadap APBN dapat disebabkan oleh naik atau turunnya harga komoditas yang kemudian mempengaruhi pendapatan dan belanja. Termasuk salah satunya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang mengikuti perkembangan dunia.

"Segala macam. dunia ini kan bergerak. (Termasuk harga BBM) Ya kita lihat lah, tapi bukan hanya karena itu. Tapi kalau segala macam berubah pasti ada APBN-P," tandasnya.(*)

BERITA REKOMENDASI