Akhir September, 9 Juta UMKM Terima Bantuan Rp 22 T

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kementrian Koperasi dan UKM menargetkan bisa menjangkau 9 juta UMKM hingga akhir September. Pemerintah memberikan bantuan presiden (banpres) produktif sebagai upaya mendongkrak produktivitas UMKM yang terdampak pandemi Covid.

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, Hanung Harimba Rachman mengatakan hingga pekan pertama September banpres telah disalurkan kepada 5,6 juta pelaku usaha mikro yang tersebar di 34 provinsi dengan total bantuan sebesar Rp 13,4 trilyun. Pemerintah kini terus mengupayakan percepatan pemberian bantuan dengan target mencapai 9,16 juta di akhir September mendatang.

“Total anggaran sesuai DIPA Rp 22 trilyun kami harapkan bisa tersalurkan hingga akhir September nanti. Totalnya untuk 9,16 juta UMKM,” ungkap Hanung saat menghadiri Forum Konsultasi Penyaluran Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM) di Royal Ambarrukmo, Kamis (10/9/2020).

Hanung mengatakan pandemi Covid-19 telah berdampak luas dan dalam kepada warga dunia tidak terkecuali Indonesia. Krisis dari kesehatan merambat ke krisis ekonomi yang dampaknya sangat besar dirasakan penduduk.

Pada triwulan II, Badan Pusat Statistik menyebut statistik secara resmi telah merilis angka pertumbuhan ekonomi nasional terkontraksi hingga -5.32 persen. Kondisi Indonesia ini dianggap masih lebih baik dibanding negara lainnya yang terkontraksi lebih dalam seperti Amerika (-9,5), Singapura (-12,6) dan Uni Eropa (14,4), kecuali Tiongkok yang sudah mulai rebound sebesar 3,2 di Q2-2020.

BERITA REKOMENDASI