Amnesti Pajak Beri Angin Segar Bagi Pasar Saham

YOGYA (KRjogja.com) – Kondisi pasar modal saat ini cukup menggembirakan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) cenderung menguat dibeberapa hari ini. Kehadiran program 'Tax amnesty' atau amnesti pajak menjadi salah satu pendorong sentimen positif di pasar bursa.
 
"IHSG-pun dibuka menguat naik 1,71 poin (0,03 persen) ke level 5.383.  Salah satu penyebabnya analisa kami memang adanya sentimen positif terhadap keberhasilan tax amnesty atau amnesti pajak," ujar Kepala Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) DIY, Irfan Noor Riza kepada KRjogja.com, Kamis (8/9/2016) malam.

Irfan mengatakan disamping isu terkait bursa global dan target pertumbuhan ekonomi indonesia yang targetnya bertumbuh 5,1 persen di 2017 kini membuat pasar bursa berada di zona hijau.

Terkait amesti pajak ini, BEI pun saat ini sedang mengajukan kepada pemerintah melalui Kementrian Keuangan untuk penambahan jumlah perusahaan efek untuk jadi gateway dana amnesti pajak ini.

"Saat ini baru 19 perusahaan efek yang menjadi gateway dana repatriasi amnesti pajak.  Ya harapannya lebih dari 19 perusahaan efek jaadi gateway, supaya lebih merata distribusinya," tandas Irfan.

Lebih lanjut Irfan menyampikan perusahaan efek gateway saat ini sudah ditunjuk pemerintah sebanyak 19 Perusahaan efek.  Pihaknya tengah memohon pertambahan jumlahnya,jika dimungkinkan bisa lebih dari 19 perusahaan efek. Hampir sama dengan bank, nantinya nasabah dana repartriasi akan dibukakan rekening efek khusus juga bagi investor dari amnesti pajak. (Ira)

 

BERITA REKOMENDASI