Asuransi Astra Luncurkan Layanan Garxia

SLEMAN, KRJOGJA.com  – Asuransi Astra Cabang Yogyakarta optimistis mampu menggaet pasar lebih banyak di tahun mendatang meskipun indeks literasi masyarakat mengenai asuransi masih tergolong rendah.

Mengutip data yang dikeluarkan OJK per 2017 lalu, Kepala Cabang Asuransi Astra Yogyakarta, Eddi Arthono mengatakan, tingkat literasi asuransi masyarakat Indonesia masih berada diangka 15,8%. Sementara untuk literasi keuangannya juga tidak menampakkan hasil yang memuaskan yang hanya senilai 29,7%.

"Di tingkat inklusi keuangannya justru menunjukkan hasil yang lumayan yakni 67,8% dan inklusi asuransinya hanya 12,08%," kata dia kepada para wartawan, Kamis (20/12).

Sehingga, lanjutnya, dengan masih rendahnya angka literasi maupun inklusi asuransi di Indonesia, hal ini merupakan potensi yang baik bagi para perusahaan jasa penanggulangan risiko tersebut dalam merebut calon konsumen.

"Masyarakat yang belum melek akan asuransi lebih banyak jumlahnya dibanding yang melek, sehingga ini kesempatan kita untuk membesarkan tingkat inklusi maupun literasi asuransi masyarakat," tambah Eddi.

Terlebih, menurut Eddi dengan komposisi kependudukan masyarakat Indonesia yang didominasi oleh usia produktif menjadikan pangsa pasar kian terbuka lebar.

Ditambah lagi dengan baru diluncurkannya dua layanan oleh Asuransi Astra belum lama ini, yakni Garda experience intelligent assistant (Garxia) dan juga Happyone.id tentu akan semakin menambah kepercayaan pihaknya dalam menambah konsumen baru.

""Garxia ini merupakan virtual assistant yang mampu melayani pembelian asuransi kepada masyarakat. Layanan ini menggunakan aplikasi pesan instan sebagai metode transaksi, sehingga lebih memudahkan pelanggan," ujarnya.

Eddi menjelaskan, Garxia bisa diakses melalui aplikasi Garda Mobile Otocara 4.0 yang akan melayani calon pelanggan dalam menjawab berbagai pertanyaan guna melengkapi data pembelian polis.

"Layanan ini juga bisa membantu menghitung nilai premi yang harus dibayarkan oleh calon pelanggan," jelasnya.

Selain itu, Garxia juga dilengkapi dengan berbagai pengetahuan terkait jenis perluasan asuransi serta tambahan biaya yang harus dibayarkan oleh calon pelanggan untuk setiap perluasan yang dipilih.

Seluruh pembelian polis Garda Oto melalui Garxia, selanjutnya akan diteruskan melalui saluran Garda Oto Digital sehingga pelanggan berhak mendapatkan layanan home survey beserta jadwal dan lokasinya. (*)

BERITA REKOMENDASI