Bangkitkan Ekonomi DIY, Perbankan Perlu Terobosan Super Extra Ordinary

YOGYA, KRJOGJA.com – Industri Jasa Keuangan (IJK) khususnya perbankan perlu melakukan terobosan khususnya dalam sektor pembiayaan/kredit sebab perekonomian DIY cukup terpukul dengan adanya pandemi Covid-19 yang menimbulkan dampak super extra ordinary. Fungsi intermediasi perbankan perlu ditingkatkan agar fasilitas atau skema kredit bisa berjalan dan terserap maksimal, termasuk skema restrukturisasi yang digulirkan sehingga perekonomian di masyarakat yang selama pandemi Covid-19 tidur bisa bangkit.

“Masih adanya ketakutan perbankan menyalurkan kredit inilah yang harus disoroti, berarti fungsi intermediasi kurang begitu berjalan karena fasilitas pembiayaan perbankan belum bisa berjalan. Kita ketahui industri perbankan dengan dana yang dimiliki dari nasabahnya tentu harus sangat berhati-hati sekali dalam penyaluran kreditnya,” ujar Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY Jimmy Parjiman dalam Diskusi Terbatas ‘Kondisi Pemulihan Bisnis & Perekonomian DIY Terkini’ dengan moderator Wakil Pemimpin Redaksi (Wapimred) SKH Kedaulatan Rakyat
Ronny Sugiantoro di Novotel Suites Yogyakarta Malioboro, Selasa (7/7).

Diskusi terbatas tersebut diinisiasi oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY, OJK DIY, ISEI Cabang Yogyakarta, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) DIY dan SKH Kedaulatan Rakyat. Diskusi terbatas ini hanya diikuti Robby Kusumaharta, Gonang Djuliastono, Wawan Harmawan dari Kadin DIY, Amirullah Setya Hardi, Y. Sri Susilo dan Rudy Badrudin dari ISEI Cabang Yogyakarta, Ahmad Ma’ruf dari Tim Ahli Parampara Praja, Tim Apriyanto dari Dewan Pendidikan DIY dan Moris T Situmorang. dari Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI).

“Melihat kondisi banyaknya dana yang tidak terserap ini, kami meminta agar perbankan membuat terobosan bisnis yang tidak seperti biasanya atau super extra ordinary di masa pandemi Covid-19. Sehingga industri perbankan perlu melakukan terobosan sektor pembiayaan agar perekonomian di masyarakat yang tidur selama pandemi bisa bangkit. Industri perbankan di DIY juga perlu berkomunikasi dan bersinergi dengan dunia usaha kedepannya,” papar Jimmy.

BERITA REKOMENDASI