Bank Diminta Rajin Periksa ATM, Ini Alasannya

PONTIANAK, KRJOGJA.com – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalbar Prijono meminta perbankan di Kalbar untuk terus memeriksa ATM secara berkala guna menghindari kasus-kasus kejahatan seperti skimming.

"Sudah seharusnya dan semestinya perbankan dan itu tentu dilakukan untuk mengecek ATM secara berkala agar keamanan nasabah atau masyarakat bertransaksi di ATM terjaga," ujarnya di Pontianak, Jumat (30/3/2018).

Menurut Prijono, BI selaku regulator terus memperhatikan dan mencarikan solusi apa saja yang paling aman dan sulit dijebol oleh pelaku yang tidak bertanggung jawab seperti aksi skimming tersebut.

"Kartu ATM bisa menggunakan chip. Tentu untuk itu perlu proses dan waktu meskipun saat ini sudah ada yang menggunakan," kata dia, Terkait kejahatan skimming yang baru – baru ini terjadi, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan perbankan di Kalbar agar terus merespons dan mengantisipasi setiap kemungkinan kejadian.

"Sebenarnya sebelum – sebelumnya juga terus kita lakukan hal tersebut. Intinya kita minta perbankan untuk terus cepat merespons keluhan nasabah agar kepercayaan terus terbangun," papar dia.

Kepada para nasabah, untuk keamanan bertransaksi dia juga meminta agar waspada dan selalu hati-hati dan teliti. (*)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI