Bank Indonesia: Cadev Besar, Negara Semakin Kuat

JAKARTA, KRJOGJA.com – Posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia pada Agustus 2017 tercatat US$ 128,8 miliar atau lebih tinggi dibanding realisasi Rp 127,8 miliar pada Juli 2017. Posisi cadev ini mencetak rekor tertinggi dalam sejarah Indonesia.

Deputi Gubernur Senior Bank Sentral Indonesia (BI) Mirza Adityaswara dalam keterangannya mengungkapkan, cadangan devisa US$ 128,8 miliar cukup untuk membiayai 8,9 bulan impor atau 8,6 bulan impor, serta pembayaran utang luar negeri pemerintah.

"Cadev US$ 128,8 miliar cukup untuk membiayai sekitar sembilan bulan impor, itu sudah tinggi, ya. Seharusnya kita senang," kata Mirza, Jumat (8/9/2017).

Mirza bilang, dengan nilai cadangan devisa yang besar, ketahanan ekonomi Indonesia semakin kuat. Cadev juga bisa digunakan untuk melakukan intervensi saat ada gejolak di pasar uang yang menekan kurs rupiah.

"Cadev kan untuk jaga-jaga, misalnya ada volatilitas di luar apakah karena faktor eksternal. Dengan cadev yang meningkat, baik untuk ketahanan ekonomi Indonesia," jelasnya.(*) 

BERITA REKOMENDASI