BEI Jaring 3.500 Investor Baru

SEMARANG (KRjogja.com) – Bursa Efek Indonesia (BEI) Cabang Semarang mampu menjaring 3.500 investor baru selama semester satu tahun ini.

"Pertumbuhan ini cukup baik dibandingkan tahun lalu. Harapannya realisasi jumlah investor baru di Cabang Semarang bisa lebih baik dibandingkan realisasi tahun lalu," kata Kepala Kantor BEI Cabang Semarang Stephanus Cahyanto Kristiadi di Semarang, Selasa.

Untuk diketahui, realisasi jumlah investor baru Cabang Semarang selama tahun lalu sebanyak 4.100 investor. Meski cukup banyak, realisasi tersebut tidak memenuhi target tahun 2015 sebanyak 20 ribu.

"Tahun ini harapannya bisa lebih dari 4.100 investor. Kalau targetnya tetap 20 ribu investor," katanya.

Cahyo mengatakan, dengan penambahan 3.500 investor baru di semester satu tahun ini, total investor untuk Cabang Semarang sekitar 11 ribu investor.

Sementara itu, dari sisi nilai transaksi, pada semester satu tahun ini jumlahnya tumbuh positif dibandingkan dengan tahun lalu. Untuk tahun lalu, realisasi transaksi sebesar Rp700 miliar/bulan. "Kalau untuk rata-rata transaksi selama semester satu ini sampai di angka Rp1 triliun/bulan," katanya.

Diakuinya, salah satu faktor yang mendukung peningkatan tersebut adalah sentimen positif dari kebijakan "tax amnesty" atau pengampunan pajak."Selain itu, investor mulai optimistis terhadap membaiknya kondisi perekonomian di tahun ini," katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI