BI Luncurkan Gerbang Pembayaran Nasional

JAKARTA, KRJOGJA.co – Setelah 20 tahun di rencanakan akhirnya Bank Indonesia meluncurkan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Nanti masyarakat hanya memiliki satu kartu untuk melakukan berbagai transaksi karena GPN ini akan  terinterkoneksi (saling terhubung) antar switching dan interoperabilitas (saling dapat dioperasikan) sistem pembayaran secara nasional.

"GPN ini akan memudahkan masyarakat dalam bertransaksi. Tidak perlu lagi banyak kartu di dompet seperti kartu ATM, kartu kredit dari berbagai bank. Cukup dengan satu kartu maka semua transaksi bisa dilakukan," kata  Gubernur Bank Indonesia Agus D.W. Martowardojo  pada aacara peluncuran GPN di Jakarta, Senin (04/12/2017).

Dikatakan Agus, terdapat tiga sasaran utama implementasi GPN yaitu pertama, menciptakan ekosistem sistem pembayaran yang saling interkoneksi, interoperabilitas dan mampu melaksanakan pemrosesan transaksi yang mencakup otorisasi, kliring dan setelmen secara domestik. Kedua, meningkatkan perlindungan konsumen antara lain melalui pengamanan data transaksi nasabah dalam  setiap transaksi.
 
Dan ketiga, kata Agus meyakinkan ketersediaan dan integritas data transaksi sistem pembayaran nasional guna mendukung efektivitas transmisi kebijakan moneter, efisiensi intermediasi dan resiliensi sistem keuangan. 

Agus juga menambahkan, dengan GPN ini akan menurunkan biaya kartu debit dan kartu kredit tertentu tidak bisa digunakan di semua mesin EDC. Yang sebelum dikenakan 2-3 persen akan menjadi 1 persen. (Lmg)

BERITA REKOMENDASI