BNI-AP I Kerjasama Bayar Tagihan Dengan Sistem H2H

JAKARTA.KRJOGJA.com – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI bekerja sama dengan PT Angkasa Pura I (Persero) dalam implementasi Host to Host (H2H), pembayaran tagihan melalui Virtual Account (VA) dan penggunaan VA Debit atau Debit Kredit. 

Layanan ini meliputi penyediaan H2H untuk pembayaran dari mitra Angkasa Pura I (AP I) terkait tenan dan kargo, serta VA Debit Kredit digunakan untuk operasionalnya.   

Kerjasama ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Penerimaan Pembayaran Tagihan Host to Host melalui VA dan Penggunaan VA Debit/Debit-Kredit, antara Adi Sulistyowati, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI, dengan Novrihandri, Direktur Keuangan AP I,  di  Jakarta, Rabu  (26/12/2018).

BNI memberikan solusi Pembayaran tagihan host to host untuk memberikan kemudahan pembayaran bagi pengguna jasa aero dan non aero di seluruh bandara yang dikelola AP I. Berbagai channel BNI seperti Cabang, Internet Banking, bahkan dari bank lain menggunakan kliring dan RTGS dapat digunakan untuk memanfaatkan fasilitas H2H tersebut. 

BNI juga nmengembangkan solusi khusus virtual account debit/kredit untuk meningkatkan kontrol biaya operasional bagi AP I. Selain itu BNI dan AP I juga mengembangkan Virtual Account Debit khusus logistik di terminal kargo AP I untuk mencegah adanya risiko penyalahgunaan uang tunai, menawarkan nilai tambah bagi mitra,  pengirim barang dan pengguna jasa, sekaligus menghasilkan pengelolaan keuangan yang lebih terpadu, efektif dan efisien antara AP I group.

Adi Sulistyowati mengatakan, BNI memberikan dukungan penuh untuk bisnis AP I group dalam mewujudkan cashless dan digital airport yang dimulai dari Angkasa Pura Logistik. "Fasilitas ini mulai diterapkan di 5 bandara besar seperti Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Sam Ratulangi Manado," jelasnya.

Penandatanganan kerja sama ini merupakan salah satu implementasi Sinergi BUMN antara AP dengan BNI. "Melalui sinergi ini kami berharap BNI dapat mendukung dan memberikan kemudahan dalam memonitor aktivitas bisnis perusahaan dan mitra usaha dalam pelayanan dan transaksi perbankan khususnya melalui channel BNI & layanan Host to Host Virtual Account,” ujar Novrihandri.

AP I sebagai pengelola bandara saat ini sedang gencar melakukan pembangunan dan pengembangan bandara-bandara sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa. Pengembangan sistem cash management di AP I dalam penerimaan dan pembayaran dengan BNI akan mampu meningkatkan efisiensi dan efektifitas keuangan serta meningkatkan kualitas layanan di 13 bandara yang dikelola oleh AP I. (Imd)

 

 

BERITA REKOMENDASI