BNI Kucurkan Kredit Sindikasi Tol Pemalang-Batang Rp1, 5 T

JAKARTA, KRJOGJA.com – PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk menjadi memimpin sindikasi pembiayaan proyek pembangunan ruas jalan tol Pemalang – Batang, di Jawa Tengah. Untuk itu BNI menyediakan dana sebesar Rp 1,5 triliun untuk proyek tersebut.

Menurut Wakil Direktur Utama BNI Herry Sidharta, di Jakarta, Rabu (24/5),  Pembiayaan sindikasi 16 bank ini akan mengakselerasi proyek pembangunan jalan tol ruas Pemalang -Batang yang mencapai total panjang 39,29 kilometer dan menghubungkan Pemalang, Pekalongan, dan Batang di Jawa Tengah. Adapun total kebutuhan biaya untuk membangun ruas jalan tol pemalang – Batang mencapai Rp 4,88 triliun. 

Menurut Herry pembiayaan kredit sindikasi ini akan menutup sebagian dari total kebutuhan dana pembangunannya, yaitu sebesar Rp 3,2 triliun.  BNI sendiri menyiapkan pembiayaan terbesar dibandingkan anggota sindikasi lainnya yaitu Rp 1,5 triliun atau sekitar 46 persen dari total nilai kredit sindikasi. 

"Penyaluran pembiayaan lainnya dilaksanakan oleh Bank Panin dengan   Rp  220 miliar; kemudian BNI Syariah dan Bank Aceh Syariah yang masing-masing menyalurkan Rp 200 miliar."

Herry Sidharta mengungkapkan, perjanjian kredit sindikasi ini menyiratkan semakin luasnya minat sektor perbankan yang bersedia menyalurkan pembiayaan ke sektor infrastruktur strategis, seperti jalan tol Pemalang  – Batang  ini. 
Kolaborasi yang solid disektor perbankan tersebut dalam pembiayaan jalan tol akan menjadi faktor penting percepatan pembangunan sektor infratruktur yang tengah digagas oleh pemerintah. (Lmg) 

BERITA REKOMENDASI