BRI Syariah Optimalkan Perbankan Digital di Tengah Pandemi Covid-19

Sementara Dana Pihak Ketiga tumbuh 72,69 persen  menjadi Rp48,7 triliun pada September 2020, dari Rp 28,2 triliun di September 2019. Laba BRIsyariah pun turut menunjukkan pertumbuhan signifikan mencapai 237 persen  menjadi Rp 191 miliar pada September 2020, dari Rp 56 miliar di September 2019.

“ Kinerja BRIsyariah tumbuh di sisi asset, pembiayaan dan Dana Pihak Ketiga. Pertumbuhan ini di atas rata-rata industri,” tegasnya.

Direktur Bisnis Ritel BRIsyariah Fidri Arnaldy menjelaskan, pembiayaan segmen ritel menjadi pendukung utama pada pertumbuhan kinerja perusahaan. Pada September 2020 total pembiayaan yang disalurkan BRIsyariah mencapai Rp 40,3 triliun, dan 76,6 persen dari portfolio pembiayaan perusahaan adalah pembiayaan ritel, yakni Rp 30,9 triliun sedangkan sisanya 23,4 persen untuk sektor ritel.

Pembiayaan ritel konsumer dengan risiko rendah masih menjadi fokus BRIsyariah. Total pembiayaan ritel konsumer tetap dominan dalam penyaluran pembiayaan perusahaan dengan angka Rp 12,2 triliun atau tumbuh 53,77 persen pada September 2020. Sementara itu, pertumbuhan pembiayaan yang paling tinggi terjadi di segmen ritel mikro di mana jumlah outstanding meningkat hingga 165 persen  menjadi Rp 10,9 triliun pada September 2020.

Selain pembiayaan, Dana Pihak Ketiga BRIsyariah juga tumbuh. “Dana Pihak Ketiga meningkat berkat pertumbuhan signifikan dari tabungan dan giro. Keberhasilan BRIsyariah dalam meningkatkan DPK yang fokus pada peningkatan Dana Murah (CASA) mampu menurunkan tingkat biaya dana (CoF),” ujar Direktur Bisnis Komersil BRIsyariah Kokok Alun Akbar. Dengan berbagai digitalisasi layanan baik untuk melayani nasabah dana pihak ketiga maupun nasabah pembiayaan, BRIsyariah optimistis akan terus tumbuh di tahun 2020.

 RUPST

 Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar di Jakarta pada 5 November 2020, BRIsyariah ubah susunan komisaris. Susunan komisaris baru BRIsyariah akan tetap memberikan pengelolaan yang optimal bagi seluruh nasabah dan pemangku kepentingan serta berkontribusi untuk meningkatkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

BERITA REKOMENDASI