BSB Perkuat Kerjasama dengan Muhammadiyah

JAKARTA (KRjogja.com) – PT Bank Syariah Bukopin (BSB) kembali meningkatkan kerja sama dengan Muhammadiyah melalui penandatanganan kembali Nota Kesepahaman Bersama (Memorandum of Understanding- MoU) antara Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PP Muhammadiyah) dengan Bank Syariah Bukopin tentang penggunaan jasa/layanan dan produk perbankan syariah, melalui sistem integrasi keuangan, dalam istilah perbankan disebut dengan layanan Cash Management.

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Dr. H. Haedar Nashir, M.Si dengan Riyanto Direktur Utama BSB yang berlangsung di Kantor PP Muhammadiyah Jakarta.

"Semoga dengan adanya penandatanganan kerjasama ini seluruh anggota dan amal usaha Muhammadiyah dapat segera memanfaatkan produk dan jasa/layanan dari BSB. Kita juga sangat bersyukur bisa kembali dipercayai untuk menjadi mitra cash management Muhammadiyah. Kami menawarkan produk pendanan dan pembiyaan dengan skim syariah, khususnya untuk  membangun sebuah sistem informasi keuangan Muhammadiyah secara real time online melalui program cash management/manajemen kas,” jelas Riyanto, Jumat (5/8/2016).

Dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat menciptakan kesepakatan dalam pelaksanaan ruang lingkup kerjasama sebagai berikut: Layanan Cash Management mencakup solusi pengelolaan likuiditas (liquidity solution), solusi pengumpulan iuran (collection solution), solusi tagihan (receivable solution) dan solusi pembayaran (payable solution). Selain itu, Pemanfaatan produk-produk dana seperti tabungan dan deposito agar dana Muhammadiyah yang ada di giro memberikan hasil yang optimal dengan fasilitas transweep/Zero Balance Account (ZBA) dan dengan imbal hasil khusus (special pricing) sebagai bentuk corporated deal;

MoU kali ini juga menciptakan pemanfaatan produk-produk pembiayaan yang berdasarkan prinsip syariah dalam rangka pengembangan usaha Muhammadiyah maupun dalam rangka mendukung kelancaran penyelesaian setiap jenjang pendidikan bagi para mahasiswa/siswa dilingkungan pendidikan maupun para anggota, berupa student financing maupun dengan pembiayaan agunan deposito dengan tingkat imbal hasil khusus (special pricing); Kerjasama usaha/bisnis lainnya yang saling menguntungkan di antara Para Pihak, diantaranya pembukaan loket Payment Point Online Bank (PPOB) bagi setiap unit amal usaha Muhammadiyah, ataupun dapat melakukan co-branding card bagi para mahasiswa/siswa/santri dilingkungan pendidikan maupun para anggota.

“Insya Allah dengan adanya penandatanganan antara Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan BSB akan memberikan hal positif serta keuntungan bagi kedua pihak. Sampai saat ini, kami bersinergi dengan PP Muhammadiyah dalam mengimplementasikan rencana strategis dalam bidang pendidikan seperti pembangunan universitas dan sekolah serta di bidang kesehatan seperti  rumah sakit, klinik , dan lainnya.  Kerjasama ini akan memberikan manfaat dan maslahat baik langsung dan tidak langsung kepada umat serta masyarakat Indonesia yang pada akhirnya akan menjadikan industri keuangan syariah sebagai alternatif yang baik, menguntungkan, serta pilihan masyarakat Indonesia,” tegas Riyanto.

Hingga semester I/2016, sejumlah lembaga yang berkompeten telah melakukan penilaian terhadap kinerja industri perbankan syariah dalam peningkatan layanan dan kinerja keuangan. BSB kembali juga memperoleh beberapa penghargaan. Adapun penghargaan yang diterima BSB, antara lain dari penghargaan dalam “ Digital Brand of The Year 2016”  dari Majalah Infobank sebagai peringkat 2 kategori Tabungan Bank Umum Syariah (Tabungan iB SiAga) dan peringkat 3 kategori Bank Umum Syariah;  penghargaan kepada Bp. Riyanto dalam “Top Eksekutif Muslim 2016” dari Ikatan Pengusaha Muslim Indonesia (IPEMI) dan Majalah Ibadah; penghargaan dalam “The 12th Islamic Finance Award 2016” dari Karim Consulting sebagai peringkat 1 The Most Prudent Islamic Full Fledge Bank, peringkat 1 The Most Profitable Islamic Full Fledge Bank, peringkat 1 The Most Efficient Islamic Full Fledge Bank dan Runner Up The Best Islamic Full Fledge Bank; dan penghargaan dalam “Banking Service Excellence 2016” dari Majalah Infobank dan Marketing Research Indonesia (MRI) sebagai peringkat 1 kategori Best ATM Islamic Commercial Bank.  “Konsistensi dan komitmen kuat BSB untuk memberikan layanan terbaik kepada nasabah tak sekadar slogan dan pemanis, tetapi telah mengakar kuat pada setiap insan BSB,” pungkasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI