BTN Salurkan KPR Rp200 Triliun

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kredit Kepemilikan Rumah ( KPR )   yang disalurkan Bank Tabungan Negara ,BTN) hingga saat ini sudah mencapai Rp 200 triliun dengan 1,9 juta debitur. Namun diperkirakan hingga akhir tahun 2020 jumlah kredit yang disalurkan leban dari Rp 200 triliun.

“ Penyaluran kredit KPR selama pandemi cobid-19  terutama sektor perumahan salah satu penggerak ekonomi, karena bisa menciptakan multiplayer efek. Penyaluran kredit KPR BTN sudah mencapai Rp 200 triliun, kalau sampai akhir tahun kredit yang akan disalurkan lebih  Rp 200 triliun,” kata Dirut BTN Pahala N Mansury pada acara HUT ke 44 KPR BTN di Jakarta  Kamis (10/12).

Menurutnya penyaluran kredit KPR sudah mulai menunjukkan perbaikan ke arah positif misalnya pada bulan Oktober, kemudian pada bulan November sudah meningkat menjadi 1 persen, dan diperkirakan sampai akhir tahun atau pada bulan Desember 2020 penyaluran kreditnya bisa mencapai 2 persen. Dengan realisasi kredit mencapai Rp 5 triliun per bulan dengan KPR subsidi mencapai Rp 2 triliun. Sementara untuk target penyaluran kredit tahun 2021 diperkirakan sebesar 6 persen.

“ Memang berat untuk penyaluran kredit untuk KPR bersubsidi, tetapi di bulan Desember ini kita harapkan bisa mencapai Rp 1 triliun,” tegasnya.

BTN

BERITA REKOMENDASI