Cicilan Pinjaman Anda Tersendat? Coba Atasi dengan Cara-Cara Berikut

MELAKUKAN pengajuan pinjaman online atau KTA memang terkesan mudah, namun setelah pengajuan pinjaman Anda diterima, Anda tentu mempunyai tanggung jawab untuk menyicil.  

Namun terkadang ada halangan yang membuat seseorang menjadi terlambat untuk membayar cicilan.  Jika Anda sebagai peminjam sering melakukan keterlambatan bayar tersebut, Anda bisa saja akan dinilai buruk oleh pemberi pinjaman atau pihak debitur.  Bahkan, tidak menutup kemungkinan Anda bisa saja diblokir sehingga di masa datang apabila Anda ingin meminjam uang di pemberi pinjaman atau debitur tersebut, tidak bisa diwujudkan.  

Jika Anda sedang memiliki tunggakan pinjaman online atau KTA dan merasa kesulitan untuk membayarnya, Anda bisa mencoba lima cara berikut. 

Ajak Negosiasi

Ajaklah pihak debitur untuk bernegosiasi dengan cara menghubungi pihak pemberi pinjaman dan jelaskan tentang keadaan Anda saat ini.  Berikanlah alasan yang dinilai logis agar mereka mau menerimanya.  

Anda bisa mencoba untuk melakukan negosiasi dengan pihak debitur untuk mencari jalan keluar atau solusi yang tepat.  Dengan datang ke pemberi pinjaman atau penyedia layanan pinjaman online dan menjelaskan kondisi Anda maka mereka akan menilai bahwa Anda bertanggung jawab. Selain itu, pihak pemberi pinjaman juga pasti akan berusaha untuk membantu semaksimal mungkin agar masalah yang Anda alami bisa terselesaikan. 

Dorong untuk Mediasi

Mengunjungi pihak pemberi pinjaman dan melakukan mediasi adalah cara kedua yang bisa Anda dilakukan untuk menyelesaikan masalah tunggakan Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau pinjaman lainnya. Mediasi ini bisa Anda lakukan dengan melakukan beberapa cara. Misalnya, dengan membuat sebuah permohonan tertulis formal yang sesuai dengan format yang sudah ada agar bisa dilakukan investigasi. 

Pada umumnya, proses mediasi pemberi pinjamanan ini pasti akan mengikutsertakan Bank Indonesia (BI) sebagai pihak penengah apabila pinjaman tersebut merupakan produk perbankan. Mediasi pemberi pinjamanan ini hanya bisa dilakukan oleh peminjam pada saat tunggakan pinjaman kurang dari Rp500 juta.  Nantinya dalam proses mediasi, Anda akan diberikan tiga alternatif solusi Rescheduling, pada pilihan ini, Anda akan mendapatkan jadwal baru batas akhir untuk membayar angsuran dan melunasi utang.

Reconditioning, pada pilihan ini Anda akan mendapatkan perubahan mengenai syarat kredit dan perubahan pada jadwal pelunasan utang dengan batas jangka waktu tertentu. 

Restructuring, pada pilihan ini, Anda akan ditawarkan untuk mengubah pembiayaan. Pada pilihan ini juga, pihak pemberi pinjaman bisa saja memutuskan menurunkan bunga (khusus produk perbankan seperti KTA) agar Anda mampu menyelesaikan utang dengan cepat dan bahkan terbebas dari bunga. 

Tunda Meminjam Lagi untuk Bayar Hutang.

Jika masih membutuhkan pinjaman, sebaiknya Anda menunda dulu.  Beberapa orang menganggap bahwa cara terbaik untuk melunasi tunggakan pinjaman adalah dengan  meminjam atau mengajukan lagi pinjaman.  Hal ini cukup umum dilakukan oleh para nasabah pinjaman online atau KTA. 

Namun, sebenarnya jika Anda melakukan hal in hanya akan membuat masalah satu selesai dan muncul lagi masalah lainnya. Sebaiknya jangan berutang untuk membayar utang yang lain. Sebab hal ini justru bisa memberatkan Anda. Bayar dan selesaikan apa yang menjadi kewajiban Anda dengan tepat waktu dan sesuai aturan agar nantinya Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk melunasi tanggungan yang ada. 

Bayar Tunggakan dengan Cara Menjual Aset

Solusi yang ini bisa menjadi pilihan agar tidak terjerat dengan utang.  Anda bisa saja menjual mobil, rumah, dan barang berharga milik Anda lainnya untuk menutup utang Anda pada pemberi pinjaman.

Itulah sebabnya mengapa penting untuk berinvestasi atau memiliki aset berharga agar nantinya jika terjadi sesuatu yang mendesak, Anda bisa memanfaatkannya. Proses penjualan aset bisa Acara nda serahkan pada pemberi pinjaman dan nantinya pemberi pinjaman yang akan melakukan penjualan aset serta membuat perjanjian, seperti melakukan tanda terima fisik agunan yang sudah diberikan. 

Apabila aset yang dititipkan sudah terjual, hasil dari penjualan tersebut akan digunakan guna melunasi utang di pemberi pinjaman tersebut.  Dan jika masih ada uang yang tersisa, akan dikembalikan lagi kepada Anda sesuai dengan nilai realnya. 

Pinjam Uang ke Kerabat

Ini adalah cara untuk menyelesaikan tunggakan yang terakhir.  Anda bisa meminjam uang kepada saudara atau teman dekat Anda yang benar-benar mempercayai Anda.  Jangan pernah berpikir kembali untuk meminjam uang ke pemberi pinjaman. Sebab cara tersebut akan memperburuk kondisi finansial Anda.  

Tentukanlah tentang jangka waktu Anda untuk melunasi utang ke kerabat dan berikan alasan yang logis mengapa Anda perlu untuk meminjam uang. Jangan memaksa mereka jika mereka menolak. Sebab bisa jadi mereka juga sedang mengalami kesulitan pada finansial.  Pastikan jika Anda mendapatkan pinjaman uang dengan cara yang benar. 

Mengajukan pinjaman uang harus di pertimbangkan terlebih dahulu. Sebab apabila Anda mengalami keterlambatan bayar, maka pemberi pinjaman tidak akan segan untuk memblokir nama Anda dari daftar kredit.  Maka ketika kelak Anda membutuhkan pinjaman, pemberi pinjaman tidak akan menyetujuinya.  Semoga sukses. (*)

 

 

BERITA REKOMENDASI