CIMB Niaga Syariah Layani Donasi Digital

JAKARTA, KRJOGJA.com – Dalam rangka memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin berdonasi  uang untuk kemanusiaan, CIMB Niaga Syariah,  menyediakan layanan pembayaran melalui digital.
Saat ini nasabah yang membayar zakat, wakaf, infak dan sodakah  lewat layanan seperti melalui mobile banking, phone banking , atau lewat layanan dan yang terbaru adalah QR mulai dari Rp 1.000. Saat ini dana dari masyarakat yang menyumbang sudah mencapai Rp 6-10 miliar per bulan.

Bahkan untuk donasi kemanusiaan lewat layanan QR untuk Dompet Dhuafa mencapai Rp 250 Juta per bulan.

“Sekarang orang yang mau membayarkan donasi kemanuasiaan sangat mudah, mulai dengan uang Rp 1000 bisa dilakukan lewat layanan digital. Saat ini jumlah donasi yang masuk ke CIMB Niaga Syariah sudah mencapai Rp 6- 10 miliar per bulan, namun khusus untuk donasi ke Dompet Dhuafa lewat donasi QR  mencapai Rp 250 juta per bulan,” kata  Assistant Vice President Philantrophy & Islamic Community Specialist Syariah Banking CIMB Niaga Syariah,  Maryana Yunus pada acara“Humanesia #BeraniBerbagi” ei Jakarta, Selasa (3/12).

Dikatakan,  saat ini layanan pembayaran donasi digital baru sekitar 30 persen dan sisanya masih bersifat manual, diharapkan ke depan donasi layanan digital akan meningkat lagi.
Sementara itu,  Direktur Mobilisasi Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) Dompet Dhuafa, Yuli Pujihardi mengatakan,  Indonesia yang berada di jalur gempa teraktif di dunia serta dikelilingi oleh Cincin Api Pasifik mengakibatkan Kondisi geografis wilayah Indonesia menjadi wilayah yang rawan bencana letusan gunung api, gempa, dan tsunami.

Berangkat dari sejumlah masalah kemanusiaan dan kebencanaan yang terjadi di Indonesia, Dompet Dhuafa menggalakkan gerakan kado akhir tahun, yaitu Humanesia, #BeraniBerbagi. Kampanye ini mengajak masyarakat di penghujung tahun, untuk lebih peduli dan mau berbagi untuk kebaikan. Gelaran Humanesia #BeraniBerbagi ini juga melibatkan kolaborasi dari sejumlah elemen masyarakat yang masih ingin terus berbagi pada sesama. 

“ Kita ingin, sebelum bencana dana sudah terkumpul, jangan pas bencana kita baru mencari dana untuk membantu korban,” tegasnya.

Dikatakan, pembayaran wakaf, zakat, infak, sodakoh  lewat layanan digital yang dilakukan Dompet Dhuafa meningkat tajam, pada tahun 2018 lalu mencapai Rp 2,12 miliar dan pada tahun 2019 meningkat cukup tajam yakni mencapai Rp 7,8 miliar.
Sementara berdasarkan data peristiwa bencana yang terjadi sepanjang Januari-September 2019 yang direkap Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), telah terjadi 2.829 kejadian bencana dengan 464 korban meninggal dan hilang, 1.826 korban luka, 5.075.783 mengungsi dan terdampak. Angka tersebut mengalami kenaikan dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada 2018, sekitar 2,574 bencana terjadi.

Lalu di 2017 mengalami sedikit kenaikan menjadi 2.391 kejadian bencana dan Di 2016, angka kejadian bencana berada di angka 2.306 kejadian bencana.

Pada Humanesia 2019, Dompet Dhuafa ada tiga program utama yaitu pembangunan rumah tetap untuk korban gempa Palu, pengembangan program roti buat anak anak Palestina dan program perlindungan amanah untuk masyarakat miskin, termasuk masyarakat miskin korban bencana. Bantuan juga terus disalurkan baik berupa makanan maupun sejumlah program. ( Lmg)
 

BERITA REKOMENDASI